Bupati Perintahkan Penyelenggaraan Pelayanan Terbaik Administrasi Kependudukan

26-05-2024 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil — Pemerintah Kab. Kuantan Singingi

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik di wilayahnya, Bupati Suhardiman Amby telah mengeluarkan arahan yang tegas kepada seluruh penyelenggara pelayanan public Khsusnya sektor Administrasi Kependudukan (Adminduk) diwilayahnya untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam arahannya, Bupati yang dikenal “Datuk Panglimo Dalam”  menegaskan pentingnya pelayanan yang efisien, ramah, dan akurat dalam setiap proses administrasi kependudukan. Pelayanan yang “Prima” dalam administrasi kependudukan merupakan hak setiap warga negara, untuk mencapai ini jangan lupa terus bekerja keras Ciptakan Inovasi Terbaik, sekarang zaman sudah berubah kearah digital semua serba digital arahkan semua pelayanan berbasis digital, terus kembangkan pelayanan berbasis digital yang sudah ada, Ciptakan Masyarakat senang dengan cara-cara pelayanan kita.

Hal ini disampaikan di sela-sela kunjungannya di stand pameran Dinas Dukcapil pada Kegiatan pameran hasil-hasil Pembangunan bersempena dengan Musrembang RPJPD Kuantan Singingi di SMAN Pintar Prov. Riau baru-baru ini. pastikan setiap pemohon mendapatkan layanan yang terbaik dan tercepat," kata Bupati.

Merespon arahan Bupati ini Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi “Mahviyen Trikon Putra, SE” sejauh ini  Langkah-langkah konkret yang  telah diambil. diantaranya membangun aplikasi Layanan Online yang dikenal dengan Program “Palito” yang berbasis digital pada halaman http://siagadukcapil.kuansing.go.id. disamping itu juga ada program pelayanan pola kerja sama yakni Kerja Sama dengan RSUD/RSA, UPTD Puskesmas, Klinik Kesehatan swasta yang terseber di Kuantan Singingi alhamdulilah Progran ini sangat direspon positip para ibu pasca melahirkan tidak lagi bersusah payah datang ke Dukcapil untuk mendaptarkan bayinya untuk mendapatkan berbagai dokumen “ Akta Kelahiran, KIA, Kartu Keluarga yang mencantumkan data anaknya yang baru lahir” bersamaan dalam masa perawatan semua dokumen legalitas si anak langsung diproses atas kerja sama faskes dengan Dinas Dukcapil.

Disamping itu Kepala Dinas Dukcapil Kembali menegaskan komitmennya akan peningkatan kualitas pelayanan, memastikan ketersediaan petugas yang terlatih dan memadai di setiap loket pelayanan. "Kami akan memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Petugas harus mampu memberikan layanan yang ramah dan profesional," tutur “Mahviyen” yang dikenal akan Konsennya dengan Budaya Pacu jalur

Tidak hanya itu, kami tetap berkmitmen terus  memberikan  penyuluhan dan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan valid. "Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai prosedur dan persyaratan pengurusan dokumen kependudukan. Masyarakat harus memiliki pemahaman yang baik tentang hal ini," tutur Mahviyen lagi. Mengakhiri arahannya berharap pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kuantan Singingi dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkan hal tersebut.

Kontributor: [YRZ_ admin dukcapil]

admin dukcapil]

Bagikan berita melalui