Penyuluhan Dalam Gedung Puskesmas Manding tentang Penyakit Lupus

20-05-2024 - PUSKESMAS MANDING — Dinas Kesehatan

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemahaman terhadap penyakit-penyakit autoimun, pihak Puskesmas Manding hari ini melakukan penyuluhan khusus mengenai penyakit lupus di loket pendaftaran.

"Kami menyadari bahwa penyakit lupus masih kurang dipahami oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menyasar pasien yang datang berobat di Puskesmas sebagai target utama dalam penyuluhan ini," jelas Kepala Puskesmas Manding, dr. Nuruddin, M.Kes.

Menurut drg. Nuruddin, penyuluhan yang dilakukan oleh tim promosi kesehatan Puskesmas mencakup penjelasan tentang definisi lupus, gejala-gejala yang umum dialami, faktor risiko, serta penanganan yang tepat bagi penderita.

"Kami berharap dengan adanya penyuluhan ini, masyarakat khususnya pasien Puskesmas Manding dapat memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai lupus. Sehingga mereka dapat melakukan deteksi dini dan mendapatkan penanganan yang sesuai," ujarnya.

Salah satu pasien yang mengikuti penyuluhan, mengaku mendapatkan banyak informasi baru terkait penyakit lupus. "Sebelumnya saya kurang memahami apa itu lupus. Tetapi sekarang saya jadi tahu gejala-gejalanya dan bagaimana cara mengatasinya. Informasi ini sangat berguna bagi saya dan keluarga," ungkapnya.

Program penyuluhan kesehatan di loket pendaftaran Puskesmas Manding akan terus dilanjutkan dengan topik-topik kesehatan lainnya yang dianggap penting untuk diketahui masyarakat.


Bagikan berita melalui