Pusdiklat APUPPT Selenggarakan Pelatihan Identifikasi dan Analisis Transaksi Keuangan bagi BPD

23-05-2024 - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme — Sekretariat Utama

Depok – Sebanyak 33 perserta dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia mengikuti pelatihan Identifikasi dan Analisis Transaksi Keuangan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (Pusdiklat APUPPT) selama 3 hari (20 s.d 21 Mei 2024) secara tatap muka di Gedung Pusdiklat APUPPT, Depok.

Pelatihan bagi BPD ini, bertujuan untuk membantu peserta agar mampu mengidentifikasi dan melaporkan Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM) dan Laporan Transaksi Keuangan Tunai (LTKT) kepada PPATK secara tepat dan berkualitas.

Selama tiga hari mengikuti pelatihan, peserta mendapatkan berbagai materi pelatihan seperti; Overview PMPJ dan kewajiban pelaporan, tahapan identifikasi transaksi keuangan mencurigakan, tipologi pencucian uang dan pendanaan terorisme indikator TKM terkait TPA TPPU/PT hingga simulasi teknik profiling dan penyusunan kerta kerja analisis.

Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan pegawai yang bekerja di unit kepatuhan PJK atau internal audit, memiliki pengalaman kerja miminal 2 (dua) tahun serta sudah pernah mengikuti pelatihan dasar sebelumnya baik di Pusdiklat APUPPT atau di tempat lain atau yang sudah memiliki kemampuan dasar APUPPT.

Salah satu peserta dari PT. Bank Sulselbar, St. Nasyra Giselah F mengatakan “Pelatihan ini merupakan pelatihan kedua yang saya ikuti. Sebelumnya saya pengikuti pelatihan pada tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Pusdiklat APUPPT secara online selama 5 hari. Pada pelatihan kali ini, materi yang berikan lebih seru, detail dan kompleks dibandingkan pada pelatihan sebelumnya. Tidak hanya itu peserta pelatihannya jauh lebih aktif dibandingkan pada tahun 2020,” Ujarnya.

Senada dengan itu peserta dari PT BPD Papua, Berbalina Lenora Tumona mengungkapkan, pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat APUPPT ini sangat berkesan karena kita dapat saling kenal dan bertukar informasi dengan sesama BPD lainnya dan materi yang diberikan sangat detai dan mendalam.

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, Pusdiklat APUPPT berharap agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk menyampaikan LTKM dan LTKT yang berkualitas kepada PPATK. (wkw)

Bagikan berita melalui