Launching 12 Inovasi Layanan

24-08-2021 - Pengadilan Agama Banyuwangi — PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA

Berikut adalah Aplikasi Berbasis Aplikasi :

1.    SIAGUM, Sistem Anjungan Gugatan Mandiri.

·  Anjungan SIAGUM ditempatkan di sisi luar ruang Posbakum, lengkap dengan Personal Computer dan Printer serta Aplikasi Online Pembuatan Gugatan/Permohonan secara Mandiri.

 

2.    SIANDON, Sistem Nomor Antrian Sidang Online.

·  Pihak  berperkara  yang hendak sidang dapat  mengakses  nomor antrian sidangnya  dari  mana saja  secara Online. Dengan  aplikasi  ini  pihak  juga bisa mengakses  informasi  perkara  yang  sedang  berjalan. 

 

3.    SIDASI.  Aplikasi Validasi Akta Cerai.

·  SIDASI dapat diakses melalui website ac.pa-banyuwangi.go.id. Setelah masuk ke website tersebut, pengguna bisa mengetikkan nomor akta cerai beserta nomor seri akta cerai dimaksud, selanjutnya sistem memberikan balasan informasi tentang keabsahan/keaslian Akta Cerai tersebut.

 

4.    SIVERA, Asisten Virtual Perkara

·  SIVERA berbasis WhatsApp, yang dicangkokkan ke SIPP sebagai aplikasi induknya. Fitur SIVERA terbagi menjadi tiga, pertama notifikasi, kedua akses informasi, dan ketiga, akses aplikasi layanan Pengadilan lainnya. Semuanya hanya melalui chat WhatsApp.


5.    SIMENIK, Aplikasi Instrumen Elektronik,

·  Perintah dari Majelis Hakim yang berupa pemanggilan atau pun pemberitahuan kepada para pihak berperkara, dibantu penginputannya oleh Panitera Pengganti ke dalam SIMENIK dengan memasukkan nomor perkara yang bersangkutan, pihak yang dipanggil, tanggal tundaan sidang dan Jurusita Pengganti yang diperintah. Fitur lain adalah adanya daftar e-Doc BAS yang belum diupload ke SIPP, daftar Mediasi yang belum diinput, daftar instrumen yang belum dibuatkan dan daftar instrumen yang salah.

 

6.    SIKIRAN : Aplikasi pengaduan, kritik dan saran  secara Online berbasis QR-Code. 

 

7.    SIMULIN : Aplikasi Buku Tamu Online berbasis QR-Code.

·  Tamu dinas yang hadir di Pengadilan Agama Banyuwangi cukup dengan scan  QR  Code,  lalu  mengisikan  data  diri  dan  keperluannya,  secara  otomatis  terregistrasi  dalam  sistem.

 

8.    E-Ruangan.

·  E-Ruangan menyajikan informasi data Daftar Barang Ruangan atau DBR, Kartu Kendali Pemeliharaan barang, serta data Profil Pegawai secara Online di masing-masing ruangan. Stake Holder dapat mengakses data tersebut hanya dengan melakukan scan QR Code yang ditempelkan di masing -masing ruangan.

 

9.    DiO-Office, Digital Online Office.

·  DiO-Office  adalah  aplikasi  pengelolaan  administrasi  kedinasan  dengan  tata  persuratan  berbasis  digital sehingga  tata  kelola  persuratan . Aplikasi DiO-Office memiliki  fitur Input  surat masuk dan surat keluar  serta  Disposisi  surat,  juga terdapat beberapa fitur  e-Filing  (pengarsipan  digital),  notifikasi berbasis  e-mail,  disposisi  surat via Whatsapp,  notifikasi berbasis Whatsapp,  pencarian surat, dan laporan bulanan .

 

Berikut adalah Aplikasi Berbasis Non Aplikasi :

 

10.    The Six In One Prorgramme adalah pengembangan dari Itsbat Nikah Terpadu. Enam produk layanan yakni Salinan Penetapan, Akta Nikah, Kartu Keluarga dan KTP , Akta Kelahiran dan Kartu Identitas anak atau KIA, dengan lebih dulu menyerahkan surat kenal lahir kepada panitia Itsbat Nikah Terpadu.

 

11.    Inovasi LANDUNG PECARI, adalah LAyanan perubahaN status kepenDUdukan langsuNG PasCA ceRaI. Bentuk inovasi LANDUNG PECARI adalah Para Pihak yang barusaja mengambil akta cerai dapat langsung mengurus perubahan status kependudukannya pada KTP atau KK kepada Petugas Disdukcapil yang ditempatkan di antara loket PTSP PA Banyuwangi, saat itu juga.

 

12.    Program BMC atau Blambangan Mobile Court, Layanan Mobil keliling Pengadilan Agama Banyuwangi. Layanan berupa : pendaftaran perkara, kasir, pengambilan produk dan informasi perkara.


Bagikan berita melalui