Pusat Komando Sigap

No. SK: 188.4/108/KPTS/106.1/2024 TAHUN 2024

  1. Pengguna layanan membuat surat pengaduan/permohonan bantuan

  • Posgap Media Center
    1. 1) Petugas memonitor perkembangan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Pelindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) di Jawa Timur a) Meminta laporan PUSKOGAP JATIM atas perkembangan Trantibumlinmas di Kabupaten/Kota secara berkala pada : 1. Shift Pagi Pukul :08.00 WIB, 12.00 WIB, 16.00 WIB, dan 20.00 WIB 2. Shift Malam Pukul : 20.00 WIB. 00.00 WIB, 04.00 WIB, dan 08.00 WIB b) Petugas menerima laporan perkembangan situasi/kegiatan dari POSGAP CANDI/KAOPSGAP c) Petugas mencatat kejadian menonjol yang dilaporkan PUSKOGAP JATIM / POSGAP LOBBY / POSGAP CANDI / KAOPSGAP pada buku kendali kegiatan dan melaporkan kepada KAPUSKOGAP pada akhir shift d) KAPOSGAP melaporkan kepada KAPUSKOGAP pelaksanaan tugas shift pada : 1) Pukul 20.00 WIB untuk Shift Pagi 2) Pukul 08.00 WIB untuk Shift Malam Dengan format laporan secara lisan melalui HT : “Yth Kapuskogap” “Izin menyampaikan laporan pelaksanaan tugas POSGAP MEDIA CENTER Hari Rabu Tanggal 15 Mei 2024 Shift Pagi/Malam” “Nama Kaposgap : Sunarto” “Jumlah anggota 2 orang, nama : M. Iqbal dan Dian Ega, Hadir Lengkap atau Kurang … orang Keterangan Kurang…” “Melaporkan Situasi Mako, Candi 1, Candi 2, Candi 3, dan pelaksanaan tugas Operasi Sigap (OPSGAP) serta Puskogap Jatim, aman terkendali”. “Sekian dari kami, 813, salam SIGAP” e) Kaposgap melaporkan pelaksanaan tugas setiap hari melalui aplikasi SIJALINMAJA.
  • Possgap Candi
    1. 1) Petugas melaporkan agenda kegiatan Gubernur/Wakil Gubernur kepada Kapuskogap melalui WA Grup Puskogap 2) Petugas melaporkan perkembangan situasi CANDI kepada POSGAP MEDIA CENTER secara berkala pada : a) Shift Pagi Pukul :08.00 WIB, 12.00 WIB, 16.00 WIB, dan 20.00 WIB b) Shift Malam Pukul : 20.00 WIB. 00.00 WIB, 04.00 WIB, dan 08.00 WIB 3) Petugas melaporkan mobilitas Gubernur/Wakil Gubernur/Sekretaris Daerah kepada KAOPSGAP PAMWAL 4) Petugas mencatat kejadian menonjol di CANDI pada buku kendali kegiatan 5) KAPOSGAP melaporkan kepada KAPOSGAP MEDIA CENTER pelaksanaan tugas shift pada : a) Shift Pagi Pukul :08.00 WIB, 12.00 WIB, 16.00 WIB, dan 20.00 WIB b) Shift Malam Pukul : 20.00 WIB. 00.00 WIB, 04.00 WIB, dan 08.00 WIB Dengan format laporan secara lisan melalui HT : “Yth Kaposgap Media Center” “Izin menyampaikan laporan pelaksanaan tugas POSGAP Candi … Hari Rabu Tanggal 15 Mei 2024 Shift Pagi/Malam” “Nama Kaposgap : Sunarto” “Jumlah anggota 2 orang, nama : M. Iqbal dan Dian Ega, Hadir Lengkap atau Kurang … orang Keterangan Kurang…” “Melaporkan Situasi Candi 1/ Candi 2/ Candi 3 aman terkendali”. “Terdapat kejadian berupa …” “Sekian dari kami, 813, salam SIGAP” 6) Kaposgap melaporkan pelaksanaan tugas setiap hari melalui aplikasi SIJALINMAJA.
  • Posgap Lobby
    1. 1) Petugas melaksanakan tugas sesuai Standar Pelayanan Penerimaan Tamu 2) KAPOSGAP melaporkan kepada KAPOSGAP MEDIA CENTER pelaksanaan tugas shift pada pukul 16.00 WIB Dengan format laporan secara lisan melalui HT : “Yth Kapuskogap Media Center” “Izin menyampaikan laporan pelaksanaan tugas POSGAP MEDIA CENTER Hari Rabu Tanggal 15 Mei 2024 Shift Pagi/Malam” “Nama Kaposgap : Anita Yuni Soesanti” “Jumlah anggota 1 orang, nama : Titis Wulandari, Hadir Lengkap atau Kurang … orang, Keterangan Kurang…” “Melaporkan pelaksanaan tugas Posgap Lobby, aman terkendali”. “Sekian dari kami, 813, salam SIGAP” 3) Kaposgap melaporkan pelaksanaan tugas setiap hari melalui aplikasi SIJALINMAJA
  • Opsgab
    1. Kaopsgap melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kaposgap Media Center dengan format laporan secara lisan melalui HT : 1) Di awal tugas “Yth Kapuskogap Media Center” “Izin menyampaikan informasi pelaksaan tugas PENANGANAN UNJUK RASA DAN KERUSUHAN MASSA” “Unjuk rasa oleh Aliansi Buruh Indonesia (ABI) dengan jumlah 300 orang dipimpin Korlap Sdr. Raja dengan tuntutan meminta kenaikan UMR pada Hari Rabu Tanggal 15 Mei 2024, di depan Gedung Negara Grahadi” 2) Di tengah tugas “Yth Kapuskogap Media Center” “melaporkan perkembangan kegiatan/kejadian menonjol” 3) Di akhir tugas “Yth Kapuskogap Media Center” “Izin menyampaikan laporan pelaksanaan tugas OPSGAP PENANGANAN UNJUK RASA DAN KERUSUHAN MASA” “Nama Kaopsgap : Ari Handoko” “Jumlah anggota 10 orang, Hadir Lengkap atau Kurang … orang, Keterangan Kurang…” “Melaporkan kegiatan berjalan dengan aman terkendali”. “Sekian dari kami, 813, salam SIGAP”
  • Kapuskogap
    1. Kapuskogap melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kepala Satuan setiap hari pada pukul 20.00 WIB dengan format laporan secara lisan melalui HT : “Yth Bapak Kepala Satuan” “Izin menyampaikan laporan pelaksaan tugas Puskogap Hari Rabu tanggal 15 Mei 2024” “Melaporkan” “Situasi Mako, Candi 1, Candi 2, Candi 3 dan pelaksanaan tugas Operasi Sigap (OPSGAP) dan Puskogap Jatim, aman terkendali” “Terdapat kejadian berupa … (mengcopy laporan Kaposgap Media Center, jika terdapat laporan kejadian menonjol” “Sekian dari kami, 813, salam SIGAP”

Menyesuaikan keadaan di lapangan

Tidak dipungut biaya

a. Pengamanan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah/Sekretaris Daerah, dan Mako b. Laporan kegiatan penanganan gangguan trantibumlinmas

a.   Saran/masukan, dan apresiasi dapat dikirimkan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kantor Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Jl. Jagir Wonokromo Nomor 352 Kota Surabaya;

b.   Menyampaikan saran/masukan, dan apresiasi langsung via :

1)   Telepon : 08113516499 atau 085230040800

2)   E-mail : jks.satpolpp@jatimprov.go.id

3)   Kanal pengaduan SP4N-LAPOR!:

a) website: www.lapor.go.id;
b) SMS melalui nomor 1708;
c) twitter: @lapor1708; dan
d) aplikasi android/iOS: SP4N-LAPOR!

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

-

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pusat Komando Sigap "