Pelayanan Konseling Sanitasi

No. SK: 002/KMP/KEP/2023

  1. Bagi pasien : rekam medis dari rujukan internal poli lain seperti poli umum dsb
  2. Bagi klien/konsultasi : Identitas Klien (KTP / sejenis) dan nomor hp aktif untuk dihubungi kembali jika meminta konsultasi lanjut dan atau permintaan kunjungan

  • Bagi pasien rujukan internal dari poli lain seperti poli umum dsb
    1. Petugas kesling menerima rekam medis dari rujukan internal poli lain
    2. Petugas kesling menanyakan/ memastikan identitas pasien termasuk nomor HP aktif
    3. Petugas kesling menanyakan kembali kepada pasien-keluarga dan memastikan dengan catatan medis yang tertulis di rekam medis saat dirujuk internal antar poli
    4. Petugas kesling melaksanakan wawancara terhadap pasien dan atau keluarganya terkait permasalahan sanitasi sesuai SOP klinik sanitasi
    5. Petugas kesling memberikan edukasi dan arahan rencana tindak lanjut dari penyakit yang berhubungan dengan sanitasi lingkungan saat wawancara kepada pasien atau keluarga
    6. Petugas kesling menjelaskan kembali hasil wawancara pada pasien dan keluarga pasien
    7. Petugas kesling membuat janji kunjungan ke rumah pasien jika diperlukan
    8. Petugas kesling melakukan pencatatan di buku register klinik sanitasi dan pelaporan ke bidang UKP Puskesmas Puring
  • Bagi klien/konsultasi
    1. Petugas loket pendaftaran melakukan data identitas klien tujuan poli konsultasi kesling
    2. Petugas kesling menerima klien secara tatap muka atau konsultasi online lewat WA/sosial media resmi Puskesmas Puring/ programer kesling
    3. Petugas kesling menanyakan identitas klien dan menanyakan permasalahan sanitasi
    4. Petugas kesling melaksanakan wawancara kepada klien secara offline (tatap muka) dan telepon-WA pada klien secara online terkait permasalahan sanitasi sesuai dengan SOP
    5. Petugas kesling memberikan edukasi dan arahan rencana tindak lanjut hasil wawancara
    6. Petugas kesling menjelaskan kembali hasil wawancara offline/ online lewat telp atau WA
    7. Petugas kesling membuat janji kunjungan ke rumah klien jika diperlukan
    8. Petugas kesling melakukan pencatatan di buku register klinik sanitasi dan pelaporan ke bidang UKP Puskesmas Puring

10-20 menit

1. Tarif konsultasi masuk ke stadar tarif loket pendaftaran. (pasien umum Perbup Kebumen no 11 tahun 23) (JKN : Permenkes no 3 tahun 2023).

2. Tarif klien : 0 rupiah terkait programer kesling; tarif jika tindakan sampel mengikuti peraturan yang berlaku baik ke OPD Labkesda dan atau tarif restribusi puskesmas

Sanitasi

  1. Langsung (Petugas Puskesmas)
  2. Whatsapp : 0811 2647 155
  3. Telepon : (0287) 6655 155 
  4. Kotak saran 
  5. Media Sosial
  • Email : puzkpurink@gmail.com
  • Instagram : @puskesmaspuring
  • Facebook : Puskesmas Puring
  • Youtube : Puskesmas Puring
  • Website : puskesmaspuring@kebumenkab.go.id

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Mobile JKN