Pelayanan UKP

  • Membawa identitas diri KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau
    1. Membawa kartu BPJS atau
    2. Membawa KK(Kartu Keluarga) atau
    3. membawa KIA (Kartu identitas anak)

  1. I.PASIEN BARU 1. Petugas pendaftaran menyapa pasien dengan senyum, salam, sapa, sopan dan santun. 2. Petugas pendaftaran mempersilahkan pasien mengambil nomor antrian dan menyiapkan kartu identitas (KTP/SIM/KK) serta kartu jaminan kesehatan. 3. Petugas pendaftaran mempersilahkan pasien untuk duduk dan menunggu panggilan nomor antrian di tempat yang telah disediakan. 4. Petugas pendaftaran memanggil berdasarkan nomor antrian; a. Bila nomor antrian yang dipanggil tidak ada, petugas mengulang 3 kali. b. Bila dipanggil sampai 3 kali tidak datang, petugas pendaftaran memanggil nomor antrian di urutan berikutnya. c. Petugas memanggil kembali nomor antrian yang tadi belum datang setelah pasien melapor bahwa yang bersangkutan tersebut sudah ada. 5. Petugas menanyakan apakah pernah berobat ke Puskesmas Semanu II jika belum pernah, petugas tetap mengecek ke database computer apakah pasien tersebut memang belum pernah berobat ke Puskesmas Semanu II atau sudah. 6. Petugas menginputkan identitas pasien dengan lengkap pada aplikasi simfomas smarthealth. 7. Jika memang data pasien belum ada, petugas mengambil buku rekam medis baru untuk ditulis data pasien sesuai dengan identitas pasien yang mau periksa, meliputi : a. Nama b. Jenis Kelamin c. Tempat danTanggal Lahir d. Nama Kepala Keluarga e. Alamat f. Kartu Jaminan dan Nomor Jaminan 8. Jika pasien dengan jaminan kesehatan/BPJS, petugas mengecek nomor kartu di pcare atau simfomas apakah kartu BPJS tersebut bisa digunakan di Puskesmas Semanu II atau tidak. 9. Petugas menanyakan poli yang dituju/pemeriksaan yang dibutuhkan. 10. Petugas melengkapi resep dan kitir yang dicetak dari aplikasi simfomas smarthelath 11. Petugas mencetak general consent yang kemudian ditandatangi oleh pasien 12. Petugas mengembalikan kartu identitas dan kartu jaminan kesehatan. 13. Petugas mempersilah kan pasien untuk menunggu di depan ruang periksa sesuai poli yang dituju. 14. Petugas mengklasifikasikan rekam medis sesuai poli yang dituju. 15. Petugas mengantar berkas rekam medis sesuai dengan poli yang dituju. II. PASIEN LAMA 1. Petugas pendaftaran menyapa pasien dengan senyum, salam, sapa, sopan dan santun. 2. Petugas pendaftaran mempersilahkan pasien mengambil nomor antrian dan menyiapkan kartu identitas (KTP/SIM/KK) serta kartu jaminan kesehatan. 3. Petugas pendaftaran mempersilahkan pasien untuk duduk dan menunggu panggilan nomor antrian di tempat yang telah disediakan. 4. Petugas pendaftaran memanggil berdasarkan nomor antrian; a. Bila nomor antrian yang dipanggil tidak ada, petugas mengulang 3 kali. b. Bila dipanggil sampai 3 kali tidak datang, petugas pendaftaran memanggil nomor antrian di urutan berikutnya. c. Petugas memanggil kembali nomor antrian yang tadi belum datang setelah pasien melapor bahwa yang bersangkutan tersebut sudah ada. 5. Petugas menanyakan apakah pernah berobat ke Puskesmas Semanu II jika sudah pernah petugas melihat nomor rekam medis pada kartu berobat untuk diambilkan rekam medis pasien 6. Petugas menginputkan identitas pada aplikasi simfomas smarthealth 7. Petugas menanyakan poli yang dituju/pemeriksaan yang dibutuhkan. 8. Petugas mengembalikan kartu berobat dan kartu jaminan kesehatan. 9. Petugas mempersilahkan pasien untuk menunggu di depan ruang periksa sesuai poli yang dituju. 10. Petugas melengkapi rekam medis dengan resep dan kitir yang dicetak dari aplikasi simfomas smarthelath 11. Petugas mengklasifikasikan rekam medis sesuai poli yang dituju. 12. Petugas mengantar berkas rekam medis sesuai dengan poli yang dituju. III. PASIEN GAWAT DARURAT 1. Petugas pendaftaran menyapa pasien dengan senyum, salam, sapa, sopan dan santun. 2. Petugas pendaftaran langsung mempersilahkan pasien masuk ke ruang tindakan. 3. Petugas pendaftaran mempersilahkan keluarga/pengantar pasien mendaftarkan pasien di ruang pendaftaran. 4. Petugas pendaftaran menanyakan kartu berobat dan kartu jaminan kesehatan pasien. 5. Jika pasien baru, petugas meminta (KTP/SIM/KK) dan kartu jaminan kesehatan pasien. a. Petugas tetap mengecek data pasien di data base computer terlebih dahulu. b. Jika pasien dengan jaminan kesehatan/BPJS, petugas mengecek nomor kartu di pcare atau simfomas apakah kartu BPJS tersebut bias digunakan di Puskesmas Semanu II atau tidak. c. Menginputkan data identitas pada simfomas smarthelath d. Petugas membuatkan rekam medis pasien baru. e. Petugas melampirkan general consent untuk ditanda tangani pasien f. Petugas mengembalikan (KTP/SIM/KK) dan kartu jaminan kesehatan pasien. g. Petugas melengkapi rekam medis dengan resep dan kitir dari aplikasi smarthealth h. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke ruang tindakan. 6. Untuk pasien lama, petugas meminta kartu berobat dan kartu jaminan kesehatan pasien. a. Petugas mengambilkan rekam medis pasien pada rak rekam medis b. Menginptkan data identitas pada aplikasi simfomas smarthealth c. Melengkapi rekam medis dengan resep dan kitir yang dicetak dari aplikasi simfomas smarthealth d. Petugas mengembalikan kartu berobat dan kartu jaminan kesehatan pasien. e. Petugas mengantarkan rekam medis ke ruang tindakan

Jam Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan

Senin-Kamis    : 08.00 wib-11.30 wib

Jumat                  : 08.00 Wib-10.30 wib

Sabtu                     : 08.00 wib-11.00 wib

Pasien BPJS tidak di pungut biaya

Pasien umum dan UGD berdasarkan tarif sesuai perda yang berlaku

Pelayanan UKP (Pendaftaran, pemeriksaan umum, kesehatan gigi dan mulut, KIA dan KB, MTBS, Imunisasi, Laboratorium, Farmasi, Konsultasi kesehatan, akupressure UGD) Pelayanan UKM(UKM Esensial dan keperawatan kesehatan masyarakat, pelayanan UKM Pengembangan, pelayanan kesehatan puskesmas pembantu, pelayanan puskesmas keliling)

WA : 081381417820

Email puskesmas : semanudua@gmail.com

kotak saran yang ada di puskesmas

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

https://semanu2.puskesmas.gunungkidulkab.go.id , semanudua@gmail.com, @puskesmassemanu2, Mobile JKN

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan UKP"