Pelayanan Gizi Masyarakat

No. SK: 400.7.1/04/ PKM SKW BARAT II /TAHUN 2023

  • Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan Program Gizi Masyarakat, sebagai berikut :
    1. Identifikasi Kebutuhan Masyarakat
    2. Analisis identifikasi kebutuhan masyarakat
    3. Membuat perencanan RUK dan RPK
    4. Membuat jadwal kegiatan
    5. Melakukan sosialisasi kegiatan dengan lintas progam/sektor dan tokoh agama/masyarakat
    6. Pelaksanaan kegiatan

  • Prosedur yang dilakukan dalam kegiatan Pelayanan Promosi Kesehatan, meliputi :
    1. 1. Identifikasi kebutuhan masyarakat 2. Analisis identifikasi kebutuhan masyarakat 3. Membuat perencanaan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) 4. Membuat Jadwal Kegiatan 5. Mensosialisasikan kegiatan kepada lintas sektor, lintas program, tokoh agama, dan tokoh masyarakat 6. Pelaksanaan kegiatan 7. Melakukan umpan balik hasil kegiatan 8. Melakukan evaluasi kegiatan 9. melakukan rencana tindak lanjut kegiatan

Jangka waktu penyelesaian dalam pelayanan kesehatan gizi masyarakat di puskesmas tergantung pada jenis intervensi yang dilakukan dan tujuan yang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa contoh jangka waktu penyelesaian:

  1. Kegiatan Harian/Mingguan: Seperti konseling gizi atau edukasi tentang pola makan sehat yang dilakukan pada kunjungan pasien. Biasanya, kegiatan ini diselesaikan dalam satu sesi, yang berlangsung selama beberapa jam atau hari.

  2. Program Bulanan: Misalnya, pemantauan status gizi pada kelompok rentan seperti balita dan ibu hamil, yang dilakukan secara berkala setiap bulan untuk mendeteksi dan mencegah masalah gizi, seperti stunting atau anemia.

  3. Program Jangka Panjang: Seperti intervensi gizi pada kasus malnutrisi atau program perbaikan gizi masyarakat melalui penyuluhan dan peningkatan akses pangan bergizi. Program-program ini dapat memerlukan waktu beberapa bulan hingga satu tahun untuk mencapai perubahan signifikan dalam status gizi masyarakat.


Tidak dipungut biaya

Program Gizi Masyarakat

Penanganan pengaduan di UPT Puskesmas Singkawang Barat II dapat dilakukan melalui kotak saran, media sosial (facebook dan Instagram), whastapp dan SMS

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Gizi Masyarakat"