Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual/Kas Negara Melalui Bendahara Penerimaan

No. SK: NOMOR KEP-57/KNL.1703/2023 TENTANG PENETAPAN STAND

  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara:
    1. Bukti setor pembayaran/pelunasan harga lelang;
    2. Rincian Uang Hasil Lelang (RUHL) dari Pejabat Lelang/Pejabat Fungsional Pelelang;
    3. Data-data yang diperlukan untuk melakukan setoran melalui rekening Kas Negara guna pengisian data Bukti Penerimaan Negara (BPN) yaitu kode satuan kerja, dan Mata Anggaran Penerimaan PNBP, dan kode KPPN.
  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual:
    1. Bukti setor pembayaran/pelunasan harga lelang;
    2. Rincian Uang Hasil Lelang (RUHL) dari Pejabat Lelang/Pejabat Fungsional Pelelang;
    3. Data-data yang diperlukan untuk melakukan setoran melalui rekening penjual, misalnya data rekening institusi pemohon lelang dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara:
    1. Pembeli Lelang melunasi pembayaran harga lelang;
    2. Bendahara Penerimaan melakukan verifikasibukti pembayaran;
    3. Bendahara Penerimaan menyetorkan melalui Layanan Perbankan secara Elektronik;
    4. Kepala Kantor atau atasan Bendahara Penerimaan melakukan otorisasi approve danrelease transaksi;
    5. Bendahara Penerimaan Bendahara Penerimaan menyerahkan bukti setor Bukti PenerimaanNegara (BPN).
  • Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual:
    1. Pembeli Lelang melunasi pembayaran harga lelang.
    2. Bendahara Penerimaan melakukan verifikasi bukti pembayaran atau menyiapkan cekpenarikan dana.
    3. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan cek: a. Bendahara Penerimaan membuat dan menandatangani Cek. b. Kepala Kantor/Atasan Bendahara Penerimaan meneliti dan menandatangani cek.
    4. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan elektronik: a. Bendahara Penerimaan membuat kuitansi penyetoran hasil bersih kepada Penjual, menandatanganinya dan menyetorkan melalui Layanan Perbankan secara Elektronik. b. Kepala Kantor/Atasan Bendahara Penerimaan melakukan otorisasi approve dan release transaksi.
    5. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan cek, Bendahara Penerimaan menyerahkan Kuitansi Hasil Bersih Lelang dan Cek.
    6. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan elektronik, Bendahara Penerimaan menyerahkan Kuitansi Hasil Bersih Lelang dan Bukti Setor Hasil Bersih.

Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara: Paling lambat 1 (satu) hari kerja, apabila menurut ketentuan hasil bersih lelang harus disetorkan keKas Negara sebagai PNBP.


Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual: 1. Paling lambat 1 (satu) hari kerja sejak dokumen permohonan telah lengkap dalam hal penyerahan Hasil Bersih Lelang menggunakan cek. 2. Paling lambat 1 (satu) hari kerja, apabila menurut ketentuan hasil bersih lelang harus disetorkan ke Penjual.

Tidak dipungut biaya

Penyetoran Hasil Bersih Lelang Ke Kas Negara: Bukti Setor Hasil Bersih Lelang ke Kas Negara(Bukti Penerimaan Negara/BPN). Penyetoran Hasil Bersih Lelang Kepada Penjual: 1. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan cek berupa Kuitansi Hasil Bersih Lelang dan Cek; atau 2. Dalam hal penyetoran hasil bersih menggunakan elektronik berupa Kuitansi Hasil Bersih Lelang dan Bukti Setor Hasil Bersih.

Saluran Pengaduan

Pengaduan, saran, dan masukan terkait layanan dapat disampaikan melalui:

1. Saluran Internal

a. Call Center HALO DJKN 150-991;

b. Telepon KPKNL Sorong : (0951) 324868;

c. Whatsapp Business/Aplikasi SINOKEN: 0821-9984-3131

d. Surel (e-mail):

1) halodjkn@kemenkeu.go.id

2) pengaduan.djkn@kemenkeu.go.id

3) kpknl.sorong@kemenkeu.go.id

4) ki.kpknlsorong@kemenkeu.go.id

e. Surat: ditujukan ke alamat KPKNL Sorong, Gedung Keuangan Negara II Sorong, Jalan Basuki Rahmat Km. 7, Kota Sorong 98419.

f. Tatap Muka: Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Sorong;

g. Kotak pengaduan, saran, dan masukan yang tersedia pada KPKNL Sorong;

2. Aplikasi Whistleblowing System (WiSe) yang dikelola Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan: www.wise.kemenkeu.go.id

3. SP4N-LAPOR! website: www.lapor.go.id , SMS ke nomor 1708, aplikasi Android/iOS SP4N-LAPOR!


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store