Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Benoa

  1. Membawa kartu e-money
  2. Membawa e-ticket kapal
  3. Membawa kartu identitas

  1. 1. Sistem dan Prosedur Debarkasi / Penumpang Turun a. Petugas terminal melakukan perencanaan terminal untuk kegiatan penumpang baik untuk embarkasi maupun debarkasi penumpang kapal b. Pegawai struktural pelabuhan cabang benoa sesuai dengan ketentuan K3 memberikan briefing terkait kesiapan operasi pelayanan c. Memastikan kesiapan terminal dan fasiitas untuk debarkasi penumpang. d. Petugas dermaga/ terminal memastikan kesiapan dermaga untuk proses operasional pelayanan kapal penumpang. e. Petugas port security memastikan sterilisasi area dermaga, terminal penumpang serta pengaturan lapangan parkir. f. Petugas terminal menyiapkan fasilitas terminal untuk penumpang seperti ruang tunggu, petunjuk pintu masuk dan keluar, untuk membantu penumpang turun dari kapal dengan aman, tertib dan nyaman. g. Petugas terminal dan port security mengarahkan penumpang turun dari kapal melalui terminal penumpang serta mengarahkan barang bawaan penumpang kapal untuk di periksa menggunakan mesin X-ray sampai penumpang turun keluar terminal penumpang. h. Port security melarang bagi Penjemput penumpang memasuki areal gedung terminal i. Petugas Terminal dan Port security Memberikan sarana kursi roda dan ruang menyusui bagi penumpang turun yang memiliki kebutuhan khusus : penyandang disabiltas, ibu hamil / menyusui ,orang sakit ,balita j. Petugas terminal dan Port security memastikan semua penumpang telah turun dari kapal dan telah keluar dari ruang tunggu terminal penumpang/ steril. Selanjutnya pintu gate keluar akan di tutup kembali. 2. Sistem dan Prosedur Embarkasi / Penumpang Naik a. Penumpang kapal memasuki areal penumpang sesuai waktu yang telah di tentukan b. Port security melarang bagi pengantar penumpang untuk memasuki area gedung terminal c. Penumpang kapal yang telah memiliki tiket penumpang kapal akan akan mamasuki area pemeriksaan tiket. d. Petugas Terminal dan Port security Memberikan sarana kursi roda dan ruang menyusui bagi penumpang naik yang memiliki kebutuhan khusus : penyandang disabiltas, ibu hamil / menyusui ,orang sakit ,balita e. Petugas terminal / port security melakukan pemeriksaan tiket penumpang untuk memastikan tiket penumpang yang di beli valid dengan pelayanan kapalnya. f. Petugas terminal melakukan scan tiket penumpang di gate otomatis system yang akan menscan tiket kapal dan dan pintu otomatis akan terbuka sehinga penumpang di perbolehkan masuk. g. Petugas X-ray melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang kapal sesuai dengan aturan yang berlaku. h. Petugas terminal dan Port security mengarahkan penumpang menuju ruang tunggu i. Petugas terminal dan Port security mengarahkan penumpang untuk naik ke atas kapal dengan jalur dan pintu yang sudah di sediakan. j. Operator kapal memastikan penumpang naik keatas kapal dengan benar dan sesuai dengan data manifest penumpang naik k. Petugas administrasi memastikan setelah kegiatan pelayanan selesai dan telah dilakukan konfirmasi selesainya kegiatan maka, Petugas administrasi akan melakukan verifikasi terhadap pelayanan dengan pihak agen kapal. Jika realisasi kegiatan dinyatakan sesuai oleh petugas administrasi, maka akan menjadi tagihan dan akan berlanjut penerbitan nota kegiatan dan selanjutnya akan menjadi tagihan ke pihak agen kapal.

Waktu pelayanan terminal penumpang dari penumpang masuk terminal sampai dengan penumpang masuk kapal atau sebaliknya menyesuaikan dengan jadwal operator kapal yang dapat dilayani dengantidak lebih dari 24 jam

Pas masuk motor : Rp. 6.500
Pas masuk mobil : Rp. 11.000
Pas masuk bus : Rp. 12.500
Pas masuk trailer : Rp. 15.000

Pelayanan Terminal Penumpang

Melalui email : halo@pelindo.co.id

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Benoa"