Penentuan Komposisi Tubuh Dengan Alat Bioelectrical Impedance Analysis ( BIA ) (Poliklinik Gizi)

  1. Rujukan dari Puskesmas
  2. SEP (Surat Elegibilitas Peserta) dari BPJS
  3. Nomor Rekam Medis

  1. Sistem Mekanisme : 1. Petugas kartu membawa nomor rekam medis beserta SEP ke poliklinik Gizi 2. Petugas memanggil nama pasien sesuai dengan nomor antrian 3. Petugas melakukan pengukuran Prosedur Tindakan : DEFINISI : Mengukur Komposisi Tubuh untuk menilai kompartemen tubuh seperti massa lemak, massa non lemak,massa otot auatu massa mineral tulang dalam bentuk persentase menggunakan Bia. TUJUAN : Mengetahui Komposisi tubuh untuk memprediksi faktor faktor resiko kesehatan. KEBIJAKAN : A. PERSIAPAN ALAT 1. Alat BIA Tanita BC 541 2. Kertas Penilai Hasil Baca B. TAHAP PRAINTERAKSI 1. Cek catatan pasien 2. Cuci tangan C. TAHAP ORIENTASI 1. Berikan salam, panggil klien dengan namanya 2. Jelaskan prosedur dan tujuan tindakan 3. Berikan kesempatan pada klien untuk bertanya D. TAHAP KERJA 1. Sapalah dan perkenalkan diri pasien dan keluarga pasien dengan ramah. 2. Persilahkan Pasien dan keluarga pasien untuk duduk. 3. Berikan informasi umum tentang pengukuran yang akan dilakukan 4. Berikan informasi tentang cara melakukan, tujuan, mamfaat pengukuran komposisi tubuh bagi pasien. 5. Jelaskan kemungkinan hasil yang akan diperoleh. 6. Pasien yang telah disiapkan dipersilahkan berdiri disamping BIA. 7. Tekan tombol” Guest”. 8. Masukkan Data a. Data usia, tekan tombol panah ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan usia pasien. 9. Tekan tombol “ Set “ untuk menyimpan data. 10. Pilih gender ; gambar male female, atau atlet. 11. Tekan tombol “ Set “ Untuk Menyimpan data. 12Pencatatan dan pelaporan 13. Cuci tangan Dokumentasikan tindakan

5 Menit

Rp. 18

Anamnese Pasien

Kotak Saran 

SP4N LAPOR

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

082251811668

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Penentuan Komposisi Tubuh Dengan Alat Bioelectrical Impedance Analysis ( BIA ) (Poliklinik Gizi)"