Mengukur Lingkar lengan Atas (LILA) Pada pasien Anak (Poliklinik Gizi)

  1. Rujukan dari Puskesmas
  2. SEP (Surat Elegibilitas Peserta) dari BPJS
  3. Nomor Rekam Medis

  1. Sistem Mekanisme : 1. Petugas kartu membawa nomor rekam medis beserta SEP ke poliklinik Gizi 2. Petugas memanggil nama pasien sesuai dengan nomor antrian 3. Petugas melakukan pengukuran Prosedur Tindakan: DEFINISI : Kegiatan Mengukur Lingkar Lengan Atas untuk mengetahui keadaan jaringan diotot dan lapisan lemak dibawah kulit. TUJUAN : Sebagai salah satu indikator yang digunakan untuk menilai status gizi. KEBIJAKAN : A. PERSIAPAN ALAT 1. Persiapan Lila B. TAHAP PRAINTERAKSI 1. Cek catatan pasien 2. Cuci tangan C. TAHAP ORIENTASI 1. Berikan salam, panggil klien dengan namanya 2. jelaskan prosedur dan tujuan tindakan 3. Berikan kesempatan pada klien untuk bertanya D. TAHAP KERJA 1. Memperkenalkan diri 2. Beritahu dan jelaskan tentang tindakan yang akan dilakukan dan lihat respon klien 3. alat ukur yang digunakan adalah meteran / piota shakir 4. Lengan yang diukur yaitu lengan kiri 5. Tetapkan posisi bahu dan siku 6. Tentukan titik tengah lengan dengan melakukan fleksi membentuk sudut 90º dan beri tanda tangan dengan pulpen atau spidol 7. Lingkarkan pita pada tengah lengan 8. Pita tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar 9. Menginformasikan hasil pengukuran pada pasien / keluarga 10. Pencatatan atau pelaporan 11. cuci tangan dokumentasi tindakan

3 Menit

Rp. 18

Anamnese Pasien

Kotak Saran

SP4N LAPOR

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

082251811668

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Mengukur Lingkar lengan Atas (LILA) Pada pasien Anak (Poliklinik Gizi)"