Standar Pelayanan Instalasi Gizi

  • KARTU BPJS
    1. AKTIF
  • KTP
    1. BUKTI BAYAR

  • BPJS AKTIF
    1. 1. Pelayanan Penyelenggaraan Makanan a. Membuat perencanaan menu makanan b. Melakukan pengadaan bahan makanan c. Menerima dan menyimpan bahan makanan d. Menyiapkan dan mengolah makanan e. Menyajikan makanan f. Mendistribusikan makanan pasien diruang rawat inap/ IGD (jika ada) 2. Pelayanan Gizi Rawat Inap a. Pasien masuk dari klinik rawat jalan/ IGD b. Perawat melakukan skrining gizi c. Jika hasil skrining gizi awal ? 2 atau kondisi khusus yang beresiko malnutrisi dilakukan proses asuhan gizi terstandar (PAGT) 1. Pengkajian gizi 2. Diagnosa gizi 3. Intervensi gizi 4. Monitoring dan evalusi gizi. 3. Pelayanan Gizi rawat Jalan a. Pasien dari poliklinik langsung datang ke ahli gizi dengan membawa surat rujukan dari dokter. b. Ahli Gizi memberikan konsultasi gizi. Alur Pelayanan Gizi Rawat Inap dan Rawat Jalan
  • KTP
    1. 1. Pelayanan Penyelenggaraan Makanan a. Membuat perencanaan menu makanan b. Melakukan pengadaan bahan makanan c. Menerima dan menyimpan bahan makanan d. Menyiapkan dan mengolah makanan e. Menyajikan makanan f. Mendistribusikan makanan pasien diruang rawat inap/ IGD (jika ada) 2. Pelayanan Gizi Rawat Inap a. Pasien masuk dari klinik rawat jalan/ IGD b. Perawat melakukan skrining gizi c. Jika hasil skrining gizi awal ? 2 atau kondisi khusus yang beresiko malnutrisi dilakukan proses asuhan gizi terstandar (PAGT) 1. Pengkajian gizi 2. Diagnosa gizi 3. Intervensi gizi 4. Monitoring dan evalusi gizi. 3. Pelayanan Gizi rawat Jalan a. Pasien dari poliklinik langsung datang ke ahli gizi dengan membawa surat rujukan dari dokter. b. Ahli Gizi memberikan konsultasi gizi. Alur Pelayanan Gizi Rawat Inap dan Rawat Jalan

1. Penyelenggaraan makanan terbagi dalam 3 waktu penyajian makanan utama dan 2 kali penyajian snack, yaitu: a. Makan pagi jam 07.00- 07.30 WIB b. Snack pagi jam 10.00 WIB c. Makan siang 12.00-13.00 WIB d. Snack sore 16.00 WIB e. Makan malam 18.00-19.00 WIB 2. Konsultasi gizi bagi pasien rawat inap dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB – 14.30 WIB 3. Konsultasi gizi bagi pasien rawat jalan dilaksanakan dari pukul 09.00 WIB – 14.30 WIB


  1. Tidak ada Biaya bagi Pasien yang sudah dijamin BPJS Kesehatan atau Jaminan Perusahaan lainnya.
  2. Peraturan Gubernur Nomor 32 Tahun 2015 Tentang Tarif Pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap di RSU Haji Medan





1. Pelayanan Penyelenggaraan Makanan a. Makanan biasa b. Makanan lunak c. Makanan saring d. Maknana cair e. Makanan diet umum f. Makanan diet khusus 2. Pelayanan Gizi Rawat Inap a. Edukasi gizi pasien dan keluarga b. Konsultasi gizi pasien c. Terapi diet pasien 3. Pelayanan gizi rawat jalan a. Konsultasi giz

1. Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak saran

2. Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung via media sosial;

 a. Website: rsuhajimedan.sumutprov.go.id

 b. Instagram: rsu.hajimedan.provsu

 c. Whatsapp: 081362442137

 d. Email: rsuhajimeda n@gmail.com

 3. Hotline Unit Pengaduan: 081362442137

 4. Lapor: www.lapor.go.id



Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Instalasi Gizi"