Pelayanan Keluarga Berencana

No. SK: 86 tahun 2023

  1. Pasien telah menyelesaikan proses pendaftaran dengan bukti nomor antrian pendaftaran pelayanan KIA/KB

  1. 1. Pasien baru a. Petugas memanggil pasien berdasasrkan nomor urut antrian b. Anamnesia c. Timbang berat badan d. Ukur tekanan darah e. Ukur tinggi badan f. Ukur LILA g. Ukur lingkar perut h. KIE KB dengan alat bantu pengambilan keputusan i. Inform Consent j. Tindakan berdasarkan hasil keputusan suami dan istri k. Dilakukan tindakan pelayanan KB l. Konsultasi gizi dan atau psikologi m. Rujuk pelayanan umum n. Farmasi 2. Pasien lama a. Petugas memanggil pasien berdasasrkan nomor urut antrian b. Anamnesia c. Timbang berat badan d. Ukur tekanan darah e. Ukur lingkar perut f. Tindakan berdasarkan KB sebelumnya g. Jika pasien ingin mengganti alat kontrasepsi -> ya h. Lakukan KIE KB dengan alat bantu pengambilan keputusan i. Inform Consent j. Tindakan berdasarkan hasil keputusan suami dan istri k. Jenis tindakan l. Perlu konsultasi gizi dan atau psikologi ->ya m. Perul rujuk pelayanan umum -> ya n. Farmasi

a.      IUD (Pasang/ pelepasan/kontrol): 20 – 30 menit

b.     Suntik KB : 10 – 15 menit

c.      Pil, Kondom : 5 – 10 menit

d.Implant : 20 – 30 menit

a.      Gratis bagi pasien BPJS/KIS

b.Pasien non BPJS/KIS sesuai Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 156 Tahun 2020 tentang Perubahan ketiga atas Peraturan Walikota Nomor 69 Tahun 2013 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta

a. Pelayanan KB b. Kartu KB c. Resep Obat

Pengaduan pelayanan dapat disampaikan melalui :

a.      Kotak saran

b.     Pusat informasi/Unit Layanan Masyarakat (0274)-382031

c.      Hotline siaga 085842220155

d.     Jogja Smart Service (JSS) Pengaduan

e.Email : puskmg@gmail.com
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Keluarga Berencana"