Layanan Rekam Medik

No. SK: 445.01/060/SK/SEK/IV/2023

  1. Membawa Identitas Diri Yang Mencantumkan Nomor Induk Kependudukan

  1. A. Penerimaanpasienrawatjalan/umum: • PasienBaru - Wawancara - Mencetak data pasien - Menulisbiodatapasien - Membuatkartupasien - Mencetak bill • Pasien Lama - Wawancaradanmenerimakartuidentitaspasien - Mengecek data pasien yang tidakmembawakartuidentitas - Mengisikodepoli
  2. B. Penerimaanpasienrawatjalan/Inap IGD: • Pasienbaru - Wawancara - Mencetak data pasien - Menulisbiodatapasien - Membuatkartupasien • Pasien Lama Wawancaradanmenerimakartuidentitaspasien Mengecek data pasien yang tidakmembawakartuidentitas
  3. C. DestribusiRekamMedis - Memilah-milah rekam medis sesuai nomer - Mengirim berkas rekam medis sesuai poliklinik pemeriksaan - Menyerahkan berkas rekam medis kepada petugas ruang pemeriksaan - Mencatat berkas rekam medis yang keluar dari rak (per poli)
  4. D. Penyimpanan& pengembalian berkas rekam medis : • Penyimpanan rekam medis : - Menyortir rekam medis sesuai kelompok nomor dengan sistem Terminal DigitFilling (TDF ) - Menyimpan rekam medis sesuai dengan sistem terminal digit - Menyisir dan merapikan rekam medis secara periodik
  5. E. Pengambilan berkas rekam medis: ? Mencari rekam medis di rak penyimpanan ? Menyerahkan berkas rekam medis kepada petugas ruang pemeriksaanpoliklinik ? Mencari rekam medis yang tidak di tempatketikapasienberobatkepoliklinik
  6. F. Penyajian informasi dan distribusi : • Bulanan : ? Menilai kelengkapan dan kebenaran data RS ? Menyusun tampilan informasi menjadi laporan bulanan ? Mengirim laporan ke KementrianKesehatan RI
  7. G. Assembling (Penerimaan rekam medis) : • Menerima rekam medis dari ruang perawatan ? Memeriksa nomor rekam medis, nama pasien di buku expedisi ruangan ? Mencatat nama pasien dan nomor rekam medis pada buku penerimaan sesuai dengan ruangan yang mengembalikan ? Memeriksa lembaran rekam medis yang terdiri dari nama pasien, nomor rekam medis dan ruang perawatan • Memeriksa kelengkapan resume medis • Mencocokan nama dan nomor rekam medis dengan data pasien pulangdaripoliklinikataupunruangan
  8. H. Assembling berkas rekam medis : • Membuka kaitan rekam medis untuk menyusun formulir rekam medis sesuai urutan dan catatan yang berlaku • Mencari, menggabungkan rekam medis yang rusak • Merapikan rekam medis yang robek dan terlalu tebal • Mengisi data indentitas pasien yang kosong pada lembar rekam medis
  9. I. Klasifikasi Penyakit dan Tindakan • Menbaca diagnosa yang tertulis pada lembar resume medis • Mencari dan memberi kode diagnosa dan tindakan operasi setiap berkas rekam medis berdasarkan ICD – 10 • Menulis nama pasien, nomor rekam medis, kode diagnose dan tindakan pada lembaran indeks • Mengirim rekam medis yang telah dikode kepetugas ruang penyimpanan • Memisahkan rekam medis dengan kasus-kasus untuk pelaporan triwulan
  10. J. Filling (Penyimpanan dan Peminjaman rekam medis) • Menyortir dan mengelompokkan rekam medis sesuai dengan nomor sistem tepi • Meletakkan rekam medis yang telah dikelompokkan ke rak sesuai dengan nomor tepi • Memasukkan rekam medis ke rak penyimpanan sesuai urutan nomor tepi • Melayani peminjaman rekam medis pasien rawat ulang, penelitian, administrasi dan kepentingan direksi serta pihak luar • Menyiapkan treser ke rak penyimpanan • Menyiapkan treser ke rak penyimpanan • Mengambil rekam medis yang telah dikembalikan • Mencari rekam medis yang tidak ditemukan pada rakpenyimpanan • Memasukkan hasil-hasil pemeriksaan (susulan) dari ruangan • Mengantar berkas rekam medis yang dirawat ke administrasi rawat inap • Mengambil berkas rekam medis yang masih di ruang perawatan ketika pasien kontrol ke poliklinik
  11. K. Pengumpulan data : • Membuat indeks dokter • Mencatat data kematian pada buku kematian • Data pengisian resume medis peruangan dan dokter ? Membaca isi lembar resume ? Mengirim rekam medis yang resumenya kosong • Data morbilitas dan mortalitas tulis ke kartu indeks ? Memeriksa kelangkapan data yang diterima • Data persalinan, kelahiran dan kematihan bayi : ? Memeriksa kelengkapan data yang diterima ? Mengkonfirmasikan data yang kurang jelas
  12. L. Pelaporan ? Menilai kelengkapan dan kebenaran data pelayanan rumah sakit yang dikumpulkan setiap bulan ? Menyusun tampilan informasi menjadi buku laporan tahunan • Laporan bulanan : ? RL2 RS ? RL2a1 ? RL2b1 ? RL2c ? BOR, LOS, TOI, BTO • Laporan tribulan : ? RL1 ? RL2.1 ? RL2.2 ? RL2.3 ? Laporan tahunan : ? RL2a ? RL2b ? RL2c ? RL3 ? Laporan penyakit pasien rawat inap ? Laporan penyakit pasien rawat jalan

a.       RawatJalan< 10 Menit

RawatInap< 15 Menit

Pasien BPJS Gratis

Pasien Umum Berbayar sesuai Perbup Nomor 29 Tahun 2014


1. Kartu berobat 2. Surat Keterangan Dokter (SKD) - Surat keterangan sakit - Surat keterangan pemeriksaaan dokter

Email : rsudh.sahudinkutacane@gmail.com

Petugas Endra Susanti, S.Kep, Ners, M.Kep

No Hp : 0812 6054 4927

Jabatan : Humas 



Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan Rekam Medik"