Pelayanan Instalasi Central Sterilization Supply Department (CSSD)

  1. Alat / Instrumen Kotor : Petugas Ruangan mengembalikan alat / instrumen kotor ke Instalasi CSSD di area kotor menggunakan lift 5 dengan box kotor berwarna orange. Petugas Ruangan menunjukkan formulir peminjaman alat / instrumen yang berwarna kuning ke petugas CSSD dan mengecek kelengkapan alat sekaligus didokumentasikan.
  2. Alat / Instrumen Tidak Lengkap : Apabila alat / instrumen tersebut tidak lengkap, maka alat dikembalikan pada Petugas Ruangan. Jika alat sudah lengkap, alat dapat di kembalikan ke Instalasi CSSD.
  3. OK : Petugas CSSD mengambil alat / instrumen kotor melalui OT menggunakan lift 5 dengan trolly pengambilan tertutup.

  1. Petugas CSSD menerima alat / instrument kotor dari semua ruangan dengan petugas ruangan (kecuali kamar operasi) di area kotor, dilakukan serah terima alat memeriksa kelengkapan alat dan didokumentasikan.
  2. Instrumen dari kamar operasi diambil oleh petugas CSSD, petugas kamar operasi menyimpan alat kotor di airlock tiap kamar operasi dan berkoordinasi dengan CSSD untuk pengambilan.
  3. Petugas CSSD melakukan proses pre cleaning di area kotor menggunakan cairan enzymatik dengan waktu perendaman yang sudah ditentukan.
  4. Petugas CSSD melanjutkan proses selanjutnya yaitu proses pencucian instrument baik secara manual / menggunakan mesin washer.
  5. Petugas CSSD yang berada di area bersih mengambil alat yang sudah selesai melalui proses pencucian dari mesin washer / pintu doble door untuk selanjutnya dilakukan proses (a) pengeringan instrument, (b) mengemas, (c) memberikan indicator steril di tiap kemasan, (d) memberikan label dan (b) mensterilkan instrument.
  6. Petugas CSSD memilah instrument untuk disterilkan sesuai dengan jenis yang akan digunakan menggunakan, autoclave, DTT atau steril dengan plasma.
  7. Apabila sudah selesai proses sterilisasi, petugas CSSD mengambil alat dari mesin dan langsung dilakukan penyimpanan alat di ruang alat steril dengan memperhatikan system FIFO dan melakukan pencatatan.
  8. Petugas CSSD melakukan distribusi instrument bersih / steril ke kamar operasi menggunakan dumbwaiter bersih / lift no 6 apabila dumb waiter sedang perbaikan (untuk OK).
  9. Petugas ruangan mengambil instrument steril / bersih dengan cara berkoordinasi dengan petugas CSSD via telpon dan petugas ruangan mengambil ke CSSD melalui pass box dengan mengisi Form Peminjaman Alat.
  10. Petugas CSSD memberikan instrument bersih / steril ke petugas ruangan dengan menerapkan system FIFO dan dilakukan serah terima alat serta didokumentasikan

Lama pelayanan Insatalasi CSSD (dari mulai mengolah alat / instrumen kotor sampai dengan steril) :

Mengolah alat / instrumen kotor di dekontaminasi Pendistribusian 20 Menit.

-

Membantu Unit Pelayanan di Rumah Sakit yang membutuhkan kondisi steril untuk mencegah terjadinya infeksi danenurunkan angka kejadian infeksi

  1. Email : sekretariat@rsudbandungkiwari.or.id
  2. Website : www.rsudbandungkiwari.or.id
  3. Telepon dan whatsapp : 022-86037777 dan 081213333224
  4. Instagram : @rsudbandungkiwari
  5. Twitter : @rsudbdgkiwari
  6. Ruang Pengaduan : Pelayanan Pelanggan, Lantai Dasar RSUD Bandung Kiwari
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Instalasi Central Sterilization Supply Department (CSSD)"