Pelayanan Penerbitan Surat Tidak Keberatan/No-Objection Letter (NOL) untuk Proposal Pendanaan Asian Development Bank (ADB)

No. SK: KEP-70/KF/2022

  1. Pengguna layanan adalah lembaga keuangan internasional Asian Development Bank (ADB).
  2. Persyaratan layanan berupa berkas dari pengguna layanan, yaitu Surat Permohonan NOL dan Dokumen Pendukung (Ringkasan program/proyek yang diusulkan atau Laporan Technical Assistance yang sudah berlangsung). Seluruh berkas tersebut dapat disampaikan melalui surat elektronik bkf@kemenkeu.go.id.

  1. Berdasarkan surat permohonan dari ADB, Petugas Layanan Penerbitan NOL untuk Proposal Pendanaan ADB melakukan telaahan atas dokumen pendukung.
  2. Dalam melakukan telaahan, Petugas Layanan Penerbitan NOL untuk Proposal Pendanaan ADB dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak berkepentingan yang terlibat dalam proyek/program maupun pihak-pihak yang berwenang untuk memberikan pendapat.
  3. Berdasarkan hasil telaahan, Petugas Layanan Penerbitan NOL untuk Proposal Pendanaan ADB menyampaikan usulan keputusan untuk menerima atau menolak usulan proyek/program.
  4. Apabila menerima, Petugas Layanan Penerbitan NOL untuk Proposal Pendanaan ADB menyusun surat NOL dan menyampaikan ke pemohon layanan: 1) Permohonan NOL yang berupa proyek investasi pada sektor swasta akan ditandatangani langsung oleh Kepala BKF; 2) Permohonan NOL yang berupa program Technical Assistance (TA) akan ditandatangani oleh Kepala BKF atas nama Menteri Keuangan.
  5. Apabila menolak, Petugas Layanan Penerbitan NOL untuk Proposal Pendanaan ADB menyampaikan surat keberatan kepada pemohon layanan.

Maksimal 20 (dua puluh) hari kerja sejak surat permohonan NOL dan dokumen pendukung diterima dengan lengkap dan benar, dengan memperhatikan kesepakatan antara Kementerian Keuangan dan ADB

Tidak dipungut biaya

(1) Surat Tidak Keberatan (No-Objection Letter) untuk Proposal Pendanaan ADB, atau (2) Surat Keberatan (Objection Letter) untuk Proposal Pendanaan ADB


Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan melalui: 

  1. Whistleblowing System Kemenkeu: https://wise.kemenkeu.go.id/
  2. Surat Elektronik Pengaduan BKF: lapor.bkf@kemenkeu.go.id
  3. Kotak Pengaduan BKF: Gedung R. M. Notohamiprodjo Lt.1 Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1, Jakarta Pusat 10710
  4. Pusat Kontak Layanan Kemenkeu PRIME: Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1, Jakarta Pusat 10710
  5. Telepon: 134
  6. Surat Elektronik Pengaduan Kementerian Keuangan: kemenkeu.prime@kemenkeu.go.id
  7. Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR): https://lapor.go.id/

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Penerbitan Surat Tidak Keberatan/No-Objection Letter (NOL) untuk Proposal Pendanaan Asian Development Bank (ADB)"