Persetujuan Pembukaan Kantor Cabang Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT)

No. SK: 191 Tahun 2020

  1. 1) SuratPermohonanDitujukanKepadaKepala Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi ProvinsiGorontalo yang ditandatanganiolehpemohon (PemohonadalahPerseorangan, KetuaKoperasi, ataunama yang tercantumdalamaktenotariesuntukbadanusaha)
  2. 2) Nomor Induk Berusaha
  3. 3) SPTJM
  4. 4) Izin diberikan setelah Konfirmasi Status Wajib Paiak (KSWP)valid
  5. 5) Salinan surat izin usaha perusahaan jasa pengurusan transportasi.
  6. 6) Rekomendasi kebutuhan pembukaan kantor eabang dari Penyelenggaran Pelabuhan dan Iatau Penyelenggaran Bandar Udara atau Otoritas Transportasi lainnya
  7. 7) Salinan surat keterangan domisili kantor eabang yang dilegalisir
  8. 8) Surat keputusan pengangkatan kepala eabang yang ditandatangani oleh penanggungjawab perusahaan atau Akte eabang perusahaan untuk kegiatan usaha jasa pengurusan transportasi;
  9. 9) Foto copy kartu tanda penduduk kepala kantorcabang.
  10. 10) Memiliki bukti kepemilikan tempat usaha/sewa minima12 (dua) Tahun;
  11. 11) Memiliki keterangan izin tinggal terbatas dari Kemenkumham bagi tenaga kerja asing;
  12. 12) Memiliki izin memperkeijakan tenaga keija asing dari Kementerian Ketenagakerjaan;
  13. 13) Memiliki tenaga kerja ahli WNIberijazah minimun D-IIIPelayaran I Maritim I Penerbangan/Transportasil lATADiploma/FIATA Diploma, S-l Logistik atau sertifikat kompetensi profesi di bidang forwarder atau manajemen supply ehian atau sertidfikat ahli kepabeanan atau kepelabuhanan (altematif atau kumulatif)
  14. Persyaratan Teknis: 1. Memiliki atau menguasai kendaraan operasional minimal roda 4 (empat) yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan atau sewa yang sah; dan 2. Memilikis sitem peralatan perangkat Iunak dan keras serta sistem informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan sistem informasi darat, laut, udara, atau erkerata ian sesuai dengan perkembangan teknologi

  1. 1) Pemohon menuju layanan informasi: a. Mencari informasi pelayanan yang dibutuhkan; b. Mengambil Formulir Permohonan;
  2. 2) Petugas layanan Informasi: a. Apabila pemohon masih dalam rangka mencari informasi maka petugas informasi memberikan penjelasan tentang persyaratan dan prosedur pengajuan permohonan pelayanan; b. Apabila pemohon tersebut adalah pemohon yang telah siap dengan kelengkapan persyaratan pengajuan permohonan, dipersilahkan menuju ke Tempat Pendaftaran;
  3. 3) Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke Tempat Pendaftaran/Desk Pelayanan dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan;
  4. 4) Petugas Tempat Pendaftaran/Desk Pelayanan : a. Meneliti berkas persyaratan, dan setelah persyaratan permohonan dinyatakan lengkap maka berkas diterima; b. Petugas pendaftaran memberikan tanda terima kepada pemohon; c. Menginformasikan waktu penyelesaian dan biaya yang harus dibayar apabila dikenakan biaya pelayanan/retribusi;
  5. 5) Pengelola Dokumen Perizinan: a. Menerima berkas dari loket pendaftaran/desk pelayanan yang sudah dinyatakan lengkap; b. Melakukan koreksi berkas c. Apabila berkas telah lengkap dibuatkan Surat permohonan Pertimbangan Teknis, selanjutnya berkas diserahkan ke Kepala Seksi Perizinan
  6. 6) Kepala Seksi (Korektor): a. Melakukan koreksi berkas dan memberi paraf surat permohonan pertimbangan teknis b. Berkas dan surat pertimbangan teknis yang sudah diparaf diserahkanke Kepala Bidang untuk ditandatangani dan diserahkan ke Tim Teknis
  7. 7) Tim Teknis (Validator): a. Menerima berkas dan surat permohonan pertimbangan teknis; b. Melakukan validasi terhadap berkas c. Apabila berkas telah lengkap dan valid, dibuatkan pertimbangan teknis dan draft izinnya selanjutnya diserahkan ke Kepala Seksi (verifikator 2) dan Kepala Bidang (Verifikator 1) untuk diproses lebih lanjut;
  8. 8) Kepala Bidang (Verifikator): a. Melakukan verifikasi terhadap berkas permohonan dan draft izin; b. Memerintahkan pencetakan surat izin untuk permohonan yang telah lengkap, valid dan memenuhi persyaratan;
  9. Loket Penyerahan : Setelah Pengadministrasian Umum memberikan nomor izin, menggandakan dan mengarsipkan izin, selanjutnya menyerahkan surat izin dan non izin ke pemohon melalui petugas loket penyerahan, dengan meminta tanda bukti pendaftaran, bukti pembayaran retribusi dan membuat tanda terima;

7(tujuh) Hari dinyatakan lengkap dan ben

Tidak dipungut biaya

Persetujuan Pembukaan Kantor Cabang Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) yang dicetak dengan kertas F4, 80 gram, resmi dengan tanda tangan dan cap stempel basah atau tanda tangan elektronik.

1. Pelayanan Pengaduan ditangani oleh dua orang           Petugas;

2.Dilengkapi sarana dan prasarana informasi pelayanan untuk setiap jenis layanan dan penerimaan pengaduan meliputi telepon/fax, Formulir Pengaduan/Buku Agenda Pengaduan, SMS Pengaduan, Pengaduan via email, rak arsip, komputer;


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

offline

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Persetujuan Pembukaan Kantor Cabang Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT)"