Pelayanan Mikrobiologi Klinik

No. SK: 065/16494.1/102.7/2022

  1. Kartu identitas
  2. Surat permintaan pemeriksaan dari dokter RSSA
  3. Bagi penjamin BPJS/yang lain, syarat sesuai dengan ketentuan dari penjamin

  1. Pasien Rawat Inap: 1. Petugas ruangan mengambil tabung pemeriksaan ke Mikrobiologi klinik dengan membawa lembar pengambilan tabung pemeriksaan 2. Setelah sampel pemeriksaan diambil, tabung dikirim kembali ke loket mikrobiologi klinik 3. Petugas ruangan menerima bukti nota tindakan untuk di lampirkan pada saat pasien melakukan pembayaran waktu pasien pulang/KRS
  2. Pasien Rawat Jalan RSSA Umum/asuransi lainnya: 1. Pasien/keluarga pasien dari poliklinik RSSA ke Mikrobiologi klinik RSSA dengan membawa berkas-berkas pemeriksaan dari Poliklinik RSSA 2. Petugas mengambil sampel pemeriksaan mikrobiologi klinik 3. Sampel diserahkan ke loket untuk dilakukan registrasi selanjutnya 4. Pasien/keluarga pasien ke loket pembayaran/kasir untuk melakukan pembayaran/validasi asuransi yang digunakan 5. Pasien/keluarga pasien kembali ke loket Mikrobiologi klinik RSSA untuk menyerahkan bukti pembayaran dan menerima bukti pengambilan hasil pemeriksaan.
  3. Pasien Rawat Jalan diluar RSSA 1. Kurir/keluarga pasien membawa berkas dan sampel pemeriksaan ke Mikrobiologi klinik RSSA 2. Kurir/keluarga pasien ke loket pembayaran/kasir untuk melakukan pembayaran/validasi asuransi yang digunakan 3. Kurir/keluarga pasien kembali ke loket Mikrobiologi klinik RSSA untuk menyerahkan bukti pembayaran, menerima bukti pengambilan hasil pemeriksaan dan menuliskan email atau no whatsapp (hasil pemeriksaan dapat dikirimkan melalui emai maupun Whatsapp)

Pelayanan bagi pengguna layanan disediakan setiap hari.

Untuk Jadwal Loket Mikrobilogi Klinik, sebagai berikut :

Senin - Jumat : pk 07.00 – 19.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan tanggal merah : pk 08.00 - 12.00 WIB

Janji Hasil sebagai berikut

No

Jenis Pemeriksaan

Hasil Keluar 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

Kultur bakteri aerob spesimen sputum

Kultur bakteri aerob spesimen urine

Kultur bakteri aerob spesimen pus aspirasi

Kultur bakteri aerob spesimen pus jaringan

Kultur bakteri aerob spesimen pus swab

Kultur bakteri aerob spesimen feces

Kultur bakteri aerob spesimen darah

Kultur bakteri aerob spesimen cairan steril

Kultur bakteri anaerob

Kultur Corynebacterium diphteriae

Kultur skrining MRSA

Kultur TB

Kultur jamur mold

PCR Covid19

TCM Covid19

TCM HCV

TCM HPV

TCM HIV VL

PCR HIV VL

Candida colonization Index

Pemeriksaan mikroskopis CITO

Pemeriksaan Direct Gram

Pemeriksaan Direct KOH

Pemeriksaan Direct Neisser

Pemeriksaan Direct Giemsa 

3 hari

3 hari

3 hari

3 hari

3 hari

3 hari

5 hari

5 hari

7 hari

5 hari

2 hari

2 bulan

14 hari

24 jam

24 jam

2 hari

2 hari

2 hari

7 hari

24 jam

24 jam

24 jam

24 jam

24 jam

24 jam


Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien umum berdasarkan:

1. Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2010

2. Keputusan Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar Nomor 900/3790/302/2017

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien JKN/BPJS berdasarkan:

1.       PMK No.76 Tentang Pedoman INA-CBG Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

2.       PMK No.26 th 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups INA-CBG

3.       PMK No.28 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN

4.       Salinan Perpres No.82 Th 2018

5.       PMK No.51 Th 2018 Tentang Urun Biaya

6.       PMK No.16 Th 2019 Tentang Pencegahan Anti Fraud

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien Biakes Maskin berdasarkan:

Pergub No.16 Th 2022

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien asuransi lainnya akan dibayarkan oleh asuransi sesuai dengan MoU/perjanjian

1. Pemeriksaan pewarnaan langsung (Gram, Giemsa, ZN, Neisser, Negative staining) 2. Pelayanan kultur identifikasi bakteri aerob dan anaerob 3. Pelayanan kultur sensitivitas antibiotic untuk aerob dan anaerob 4. Pelayanan kultur Mycobacterium tuberculosis 5. Pelayanan kultur identifikasi jamur uneseluler (Yeast) dan multiseluler (Mold) 6. Pelayanan kultur sensitivitas antifungal jamur uniseluler (yeast) 7. Pelayanan Tes Cepat Molekuler (M.tb, HIV VL, HCV VL, HPV) 8. Pelayanan PCR SARS COV2, HIV viral Load 9. Pelayanan serologi swab antigen influenzae virus, Ig M leptospira

Untuk layanan pengaduan, masyarakat dapat disampaikan secara:

1.       langsung

Diterima oleh petugas layanan pengaduan (baik pasien umum maupun BPJS Kesehatan) di Ruang Complaint Center (Tempat Layanan Pengaduan) yang berlokasi di belakang Tempat Layanan Informasi (TLI/Lobby)

 

2.       tidak langsung

-          mengakses aplikasi whatsapp “sambatrssa” yang sudah terpasang di beberapa titik layanan

-          melalui sms atau whatsapp ke nomor telepon HP Pengaduan 081555606668

-          mengirimkan surat yang ditujukan kepada Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar dan dikirim ke alamat RSUD Dr. Saiful Anwar Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 2 Malang

-          melalui email ppid.rssa@gmail.com

-          melalui DM di sosial media RSSA (Instagram @rssamalang, FB akun RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, twitter @rsudsaifulanwar

                -     melalui kanal LAPOR! SP4N
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Mikrobiologi Klinik"