Pelayanan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit

No. SK: 065/16494.1/102.7/2022

  1. Kartu identitas
  2. Surat/Formulir permintaan darah/pemeriksaan darah dari dokter klinik/IGD/IRNA/kiriman dokter dari Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar /dari Rumah Sakit Non RSSA/Atas Permintaan Sendiri.
  3. Kartu BPJS (bagi penjamin BPJS) disertai surat rujukan dan SEP

  1. Pasien yang berasal dari rawat jalan RSSA dengan penjamin BPJS kesehatan mendaftar di poli rawat jalan sesuai penyakit pasien.
  2. Pasien yang berasal dari rawat jalan RSSA dengan pembayaran umum mendaftar di Loket Pelayanan Permintaan Darah UTDRS.
  3. Pasien IGD/Rawat Jalan/Rawat Inap mengirimkan surat/formulir permintaan darah/pemeriksaan darah beserta sampel darahnya ke Loket Pelayanan Permintaan Darah UTD RSSA.
  4. Permintaan darah dari luar RSSA mengirimkan surat/formulir permintaan darah/pemeriksaan darah beserta sampel darahnya ke Loket Pelayanan Permintaan Darah UTD RSSA.
  5. Pendonor darah yang akan mendonorkan darahnya melakukan pendaftaran/registrasi di Loket Pendaftaran donor darah UTD RSSA

Pelayanan permintaan darah/pemeriksaan darah: setiap hari selama 24 jam.

Pelayanan donor darah: setiap hari pukul 7.00 sd 21.00 WIB


Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien umum berdasarkan:

1. Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2010

2. Keputusan Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar Nomor 900/3790/302/2017

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien JKN/BPJS berdasarkan:

1.   PMK No.76 Tentang Pedoman INA-CBG Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

2.   PMK No.26 th 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups INA-CBG

3.   PMK No.28 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN

4.   Salinan Perpres No.82 Th 2018

5.   PMK No.51 Th 2018 Tentang Urun Biaya

6.   PMK No.16 Th 2019 Tentang Pencegahan Anti Fraud

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien Biakes Maskin berdasarkan:

Pergub No.16 Th 2022

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien asuransi lainnya akan dibayarkan oleh asuransi sesuai dengan MoU/perjanjian

1. Pelayanan darah WB (Whole Blood) PMI. 2. Pelayanan Komponen Darah PMI 3. Pemeriksaan Direk Coombs Tes 4. Pemeriksaan Golongan darah ABO 5. Pemeriksaan Golongan darah Rhesus 6. Pemeriksaan Golongan darah Newborn 7. Tes Konfirmasi 8. Tes uji silang serasi 9. Konsultasi transfusi 10. Pemeriksaan Hemoglobin 11. Pelayanan darah Whole Blood UTDRS. 12. Pelayanan Komponen Darah UTDRS. 13. Pelayanan Blood Tap/Phlebotomi. 14. Pelayanan darah Afereses (UTDRS).

Untuk layanan pengaduan, masyarakat dapat disampaikan secara:

1.       langsung

Diterima oleh petugas layanan pengaduan (baik pasien umum maupun BPJS Kesehatan) di Ruang Complaint Center (Tempat Layanan Pengaduan) yang berlokasi di belakang Tempat Layanan Informasi (TLI/Lobby)

 

2.       tidak langsung

-          mengakses aplikasi whatsapp “sambatrssa” yang sudah terpasang di beberapa titik layanan

-          melalui sms atau whatsapp ke nomor telepon HP Pengaduan 081555606668

-          mengirimkan surat yang ditujukan kepada Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar dan dikirim ke alamat RSUD Dr. Saiful Anwar Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 2 Malang

-          melalui email ppid.rssa@gmail.com

-          melalui DM di sosial media RSSA (Instagram @rssamalang, FB akun RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, twitter @rsudsaifulanwar

                -     melalui kanal LAPOR! SP4N
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit"