Layanna Pengaduaan Masyarakat dan Informasi Obat dan Makanan

No. SK: HK.02.01.31B.31B5.05.22.35

  1. a. Identitas Pemohon (nama, nomor telepon/ whatsapp/email/alamat/akun media sosial, pekerjaan/profesi, KTP/ Tanda pengenal untuk layanan tatap muka);
  2. b. Identitas produk yang diadukan;
  3. c. Jenis informasi yang dibutuhkan; dan d. Tujuan permintaan informas

  1. a. Pelanggan meminta informasi /melakukan pengaduan melalui sarana telepon, SMS/WA,Email/Website, tatap muka, Media sosial, Aplikasi HaloBPOM,Surat, faximili b. Petugas menerima pengaduan dan permintaan informasi dan Melakukan klarifikasi data, apabila belum lengkap petugas meminta pelanggan untuk melengkapi. c. Perumusan jawaban informasi/tindak lanjut pengaduan apabila memerlukan rujukan , dirujuk ke bagian terkait d. Informasi dan Tindak lanjut diberikan kepada pelanggan melalui sarana yang sesuai.


  1. Konsultasi Melalui telepon , Short Messaging Services (SMS), email/Web site, Tatap Muka, Media Sosial, Whatsapp Aplikasi, Halo BPOM : 1 hari kerja
  2. Konsultasi Melalui surat, faksimili : 3 hari kerja
  3. Tindak lanjut Layanan Pengaduan :10 Hari Kerja, dapat diperpanjang hingga 7 hari kerja dengan pemberitahuan

Tidak dipungut biaya

Layanna Pengaduaan Masyarakat dan Informasi Obat dan Makanan

Penerimaan penyampaian pengaduan masyarakat, dapat disampaikan melalui:

a. Tatap muka langsung : Kantor Balai POM di Tarakan, Jl. Jendral Sudirman, RT.3 No.16 Tarakan, Kalimantan Utara

b.   Telepon                      : (0551) 23636

c. Nomor HP                     : 0811-5323-636              

c.   Fax                              : (0551) 23636

d.      Email                           :

                                i.    bpom.tarakan@gmail.com

                               ii.    bpom_tarakan@pom.go.id

e.      FB                                : Balai POM di Tarakan

f.        Instagram                    : Balai POM di Tarakan

g.    Youtube                          : Balai POM di Tarakan

h.     Whasapp                       : 0811-5323-636


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Instagram dan Facebook : Balai POM di Tarakan , Whatsapp : 08115323636