Evaluasi dokumen dan pemeriksaan sarana dilaksanakan paling lama 35 (tiga puluh lima) Hari Kerjamenggunakan mekanisme clock on dan clock off terhitung sejak pembayaran diterima oleh BPOM untuk pengajuan baru, pembaharuan, dan perubahan teknis. Sementara, untuk pengajuan perubahan administrasi dilaksanakan paling lama 10 (sepuluh) Hari Kerja
Kategori |
Industri Besar |
Industri Menengah |
Industri Kecil dan Mikro |
Baru |
Rp 10.000.000,- |
Rp 5.000.000,- |
Rp 1.000.000,- |
Perpanjangan 5 tahun |
Rp 5.000.000,- |
Rp 3.000.000,- |
Rp 5.000.000,- |
Perubahan nama perusahaan tanpa perubahan kepemilikan |
Rp 1.000.000,- |
Rp 500.000,- |
Rp 100.000,- |
Perubahan sertifikat CPKB karena perubahan administrasi (perubahan nama badan hukum dan/atau alamat dengan lokasi sama) |
Rp 500.000,- |
Rp 250.000,- |
Rp 100.000,- |
Sertifikat CPKB
a. Pengaduan, saran, dan masukan disampaikan secara langsung kepada Badan POM melalui Unit Layanan Pengaduan Konsumen atau melalui media, meliputi:
1. Kanal pengaduan SP4N-LAPOR!
3. SMS : 081.21.999.533
4. Whatsapp : 081.191.81.533
5. Subweb : www.ulpk.go.id
6. Media Sosial
8. Aplikasi BPOM Mobile
b. Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan kepada Direktorat Pengawasan Kosmetik, melalui:
1. Surat tertulis yang ditujukan ke Direktur Pengawasan Kosmetik
2. Kotak Pengaduan yang terletak di ruang pelayanan publik Direktorat Pengawasan Kosmetik Gedung Athena lantai 4, Jalan Percetakan Negara No. 23 Jakarta Pusat
3. Telepon melalui 021-4244691 ext 1040/1041
4. Surat elektronik / email penilaian.saranakosmetik@pom.go.id dan sarana.kosmetik.bpom@gmail.com;
5. Whatsapp: +62 857-7289-7839;
6. Media sosial Instagram : @waskos.bpom.
7. Zoom meeting (berdasarkan perjanjian)
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.
Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store