Pelayanan Klinik Gizi

No. SK: 440/SK.001.a/I/2022

  1. Blangko permintaan konsultasi gizi dari BP umum / KIA KB

  1. 1. Persiapan Alat dan Bahan: a. Leaflet b. Timbangan c. Microtoise d. Alat Tulis 2. Petugas yang melaksanakan: a. Nutrisionis 3. Langkah-langkah: a. Petugas memanggil pasien sesuai urutan yang di rekam medik b. Petugas mempersilahkan pasien masuk keruangan c. Petugas mengucapkan salam sambil mengganggukan kepala d. Petugas memperkenalkan diri dan menanyakan ”apa ada yang perlu dibantu” e. Petugas menanyakan identitas pasien f. Mempelajari diagnosa rujukan dokter dan catatan medik pasien (jika bukan pasien rujukan lakukan kajian Gizi) g. Melakukan assesment meliputi : 1) melakukan pengukuran Antropometri (BB dan TB) dan status gizi 2) melihat dan mencatat hasil pemeriksaan Laborat (Haemoglobin) 3) mencatat data klinis pasien (suhu, tensi, ada/tidaknya muntah,dll 4) Dietary History : menanyakan pola makan/kebiasaan makan/ada atau tidaknya alergi dan pantangan makan h. Menganalisa masalah gizi/diagnosa gizi i. Petugas menentukan diet sesuai diagnosa gizi j. Petugas memberikan advis gizi k. Petugas memberikan kesempatan untuk bertanya mengenai diet l. Petugas membuat kesepakatan dengan pasien untuk kunjungan ulang dalam waktu yang ditentukan (evaluasi) m. Mencatat hasil konsultasi gizi di buku register konsultasi gizi

10 - 15 menit (sesuai kasus)

Senin – Kamis : 08.00 WIB – 14.15 WIB

Jumat              : 08.00 WIB – 11.15 WIB

Sabtu               : 08.00 WIB – 12.45 WIB


Sesuai dengan Peraturan Bupati Banyumas nomor 115 tahun 2021

Pelayanan rawat jalan :

Jenis Pelayanan                                                                    Biaya (Rp)

BPJS                                                                                     Gratis

Konsultasi Gizi                                                                      10.000


(1) Konsultasi (2) Pemberian MP ASI (3) Pemberian menu bagi penderita penyakit degenratid (4) Pemberian meni bagi balita kurang gizi dan buruk

1. Telepon                : (0289) 6439592

2. Email                     : puskesmas-pekuncen@yahoo.co.id

3. Kotak saran

4. Lapak aduan Banyumas Telepon 08112626116, Whatsapp, SMS, Instagram, Twitter, Facebook


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Klinik Gizi"