Pelayanan Application Programming Interface (API) Nilai Kurs

No. SK: KEP-70/KF/2022

  1. Menyampaikan informasi terkait nama perusahaan dan penanggungjawab.
  2. Menyampaikan penjelasan mengenai tujuan dari permintaan akses data nilai kurs.

  1. Pengguna layanan API mengajukan permohonan layanan melalui surat elektronik ikp.bkf@kemenkeu.go.id untuk data nilai kurs dengan menyampaikan informasi terkait nama perusahaan, penanggungjawab, dan penjelasan mengenai tujuan dari permintaan akses data nilai kurs.
  2. Petugas Layanan API mengecek kelengkapan berkas dan melakukan validasi, menyusun konsep jawaban surat elektronik pemberitahuan kepada Pengguna Layanan API untuk menyiapkan data pendukung yang diperlukan, mendaftarkan dan memproses pembuatan token pada API, serta menginformasikan Pengguna Layanan API terkait tata cara melakukan registrasi pada website API.
  3. Pengguna Layanan API menerima jawaban surat elektronik pemberitahuan tata cara melakukan registrasi pada website API, token, dan mengakses data nilai kurs melalui website API. Dalam hal terdapat perubahan baik dari sisi aplikasi maupun substansi, maka Petugas Layanan API akan menginformasikan kepada Pengguna Layanan API.

3 (tiga) hari kerja sejak persyaratan permintaan layanan API untuk data nilai kurs diterima dengan lengkap.

Jam Kerja Layanan (WIB)

Senin - Kamis (selain hari libur nasional)

07.30 - 12.15 dan 13.00 - 17.00

Jumat (selain hari libur nasional)

07.30 - 11.30 dan 13.15 - 17.00

Tidak dipungut biaya

Token API yang dapat diakses oleh stakeholder pengguna layanan terkait.

Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan melalui:

 1. Whistleblowing Sysyem Kemenkeu

https://wise.kemenkeu.go.id/

 2. Surat Elektronik Pengaduan BKF 

lapor.bkf@kemenkeu.go.id

 4. Kotak Pengaduan BKF 

Gd. R.M. Notohamiprodjo Lt.1, Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1, Jakarta Pusat 10710

 5. Pusat Kontak Layanan Kemenkeu PRIME 

Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1, Jakarta Pusat 10710

 6. Telepon: 134 

7. Surat Elektronik Pengaduan Kementerian Keuangan 

kemenkeu.prime@kemenkeu.go.id

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Application Programming Interface (API) Nilai Kurs"