Layanan Ahli Bahasa (Luring dan Daring)

  1. 1. Pemohon mengajukan surat permohonan layanan ahli bahasa kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.
  2. 1.a. Surat yang berasal dari instansi/lembaga ditandatangani oleh kepala instansi/lembaga tersebut.
  3. 1.b. Surat yang berasal dari perseorangan ditandatangani oleh yang bersangkutan.
  4. 1.c. Surat dikirimkan ke alamat: Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur.
  5. 1.d. Surat dikirimkan melalui pos-el: kklp.pembinaanbahasadansastra@gmail.com; layanan.bahasa@kemdikbud.go.id
  6. 2. Pemohon datang langsung ke Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur. Pada hari kerja Senin—Jumat, pukul 09.00—15.00 WIB.

  1. Pemohon mengajukan kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa/Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.
  2. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa/Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra memproses dan mengonfirmasi permohonan.
  3. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra menugasi ahli bahasa.
  4. a. Pelaksanaan layanan ahli bahasa secara daring
  5. b. Pelaksanaan layanan ahli bahasa secara luring
  6. Pemohon mendapatkan layanan ahli bahasa

1) Konfirmasi ketersediaan layanan diberikan paling lama 2 hari kerja sejak surat permohonan diterima oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa/Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.

2) Pemohon yang datang langsung akan dilayani paling lama 1 jam setelah kedatangan. 

3) Jangka waktu penyelesaian tugas disesuaikan dengan keperluan pemohon

Jika ada biaya yang timbul akan dibebankan kepada pemohon dan disesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 60/PMK.02/2021 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2022.

Jasa Layanan Kebahasaan dan Kesastraan

1) Pengaduan, saran, dan masukan disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa/Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. 

2) Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara daring melalui laman https://rumahpusbin.kemdikbud.go.id/. 

3) Pengaduan, saran, dan masukan disampaikan kepada penanggung jawab di bawah ini. 

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 

Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur 

Pos-el: 

> kklp.pembinaanbahasadansastra@gmail.com; 

> layanan.bahasa@kemdikbud.go.id;

> badan.bahasa@kemdikbud.go.id

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan Ahli Bahasa (Luring dan Daring)"