Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian)

  1. A. Peminjaman a) Melalui Petugas 1) Menunjukkan Kartu Anggota Perpustakaan yang masih berlaku 2) Pemustaka harus datang sendiri & tidak boleh diwakilkan Ketentuan peminjaman: a. Maksimal peminjaman 2 buku b. Masa peminjaman 1 minggu (7 hari buka layanan), dapat diperpanjang 1 kali masa peminjaman
  2. b) Melalui Online Pemesanan buku melalui WA ke 0881-265-8193 atau e-mail : balaiyanpus@jogjaprov.go.id
  3. B. Pengembalian 1) Membawa buku yang telah dipinjam untuk dikembalikan 2) Jika terlambat mengembalikan, maka dikenakan denda sesuai ketentuan yang berlaku Ketentuan pengembalian: Keterlambatan pengembalian dikenakan retribusi kelebihan hari peminjaman buku Rp 200,00 per hari per buku (Sesuai Perda DIY No. 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Perda DIY No. 12 tahun 2011 tentang retribusi jasa dan usaha)
  4. C. Perpanjangan 1) Secara langsung menuju meja sirkulasi dengan membawa buku yang akan diperpanjang dan menunjukkan Kartu Anggota 2) Secara online a. Melalui WA ke 0881-265-8193 atau e-mail balaiyanpus@jogjaprov.go.id b. Perpanjangan peminjaman online dapat dilakukan 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo pengembalian. Ketentuan perpanjangan: Buku yang statusnya terlambat dikembalikan, tidak dapat diperpanjang masa peminjamannya.
  5. D. Penggantian buku rusak atau hilang 1) Menunjukkan Kartu Anggota 2) Buku rusak atau hilang mengganti dengan buku yang sama 3) Buku rusak atau hilang dan terlambat mengembalikan, mengganti buku yang sama dan dikenakan denda keterlambatan. *) Semua pengunjung/pemustaka, wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

  1. 1) Pemustaka menyerahkan buku yang akan dipinjam dan kartu anggotaan perpustakaan kepada petugas peminjaman
  2. 2) Petugas memeriksa keabsahan status kartu anggota
  3. 3) Jika kartu anggota aktif, maka proses peminjaman akan dilanjutkan dan jika tidak aktif, petugas meminta pemustaka untuk datang ke meja layanankeanggotaan untuk mengaktifkan status kartu.
  4. 4) Petugas memeriksa status peminjaman di INLISlite
  5. 5) Petugas memproses peminjaman.
  6. 6) Petugas membubuhan cap stempel tanggal kembali dan nomor anggota pada slip tanggal kembali yang telah tersedia
  7. 7) Petugas menyerahkan kembali kartu anggota dan buku yang dipinjam kepada pemustaka sekaligus memberikan informasi terkait tanggal jatuh tempo pengembalian buku.

Keterangan:

a. peminjaman

1.  melalui meja petugas          : 3 menit

2.  melalui mandiri                    : 3 menit

3.  melalui online                      : 10 menit

 

b. pengembalian

1.  melalui meja petugas          : 3 menit

2.  melalui mandiri                    : 3 menit

3. melalui Drive Thru              : 2 menit

1.    Layanan sirkulasi tidak dipungut biaya (Gratis)

  2. Keterlambatan pengembalian dikenakan retribusi kelebihan hari peminjaman buku Rp 200,00 per hari per buku (Sesuai Perda DIY No. 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Perda DIY No. 12 tahun 2011 tentang retribusi jasa dan usaha)

Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian)

−        Kotak saran dan masukan
−        SMS / WA Pengaduan ke 08812658192
−        Telepon (0274) 4536233, faks (0274) 4536234
−        Website: balaiyanpus.jogjaprov.go.id
−        Email: balaiyanpus@jogjaprov.go.id
−        Facebook: (fan page) @balaiyanpus.dpaddiy
−        Instagram: @ balaiyanpus.dpaddiy
−        Twitter: @ balaiyanpus_diy
*) Penanggung jawab tindak lanjut dari penanganan pengaduan, saran dan masukan adalah pejabat struktural sebagai berikut:
1)  Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Menetap: layanan perpustakaan menetap
2)  Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Ekstensi : penanggungjawab aduan tentang layanan perpustakaan ekstensi
3) Kepala Subbagian Tata Usaha :  penanggungjawab aduan tentang ketatausahaan.

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian) "