Pendaftaran Perkara Wali Adhol

  1. Pemohon telah cukup umur perkawinan (lebih dari 16 tahun)
  2. Fotocopy KTP Pemohon yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  3. Fotocopy KK Pemohon yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  4. Fotocoy Akta Kelahiran Pemohon (Bila Pemohon bersetatus perawan) yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  5. Fotocopy Ijazah Pemohon yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  6. Fotocopy KK orang tua Pemohon (Bila wali ayah kandung) yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  7. Fotocopy KTP wali nikah Pemohon (Bila wali selain ayah kandung) yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  8. Fotocopy Akta cerai Pemohon (Bila Pemohon bersetatus janda cerai) yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  9. Fotocopy Akta kematian suami/surat keterangan kematian suami Pemohon (Bila Pemohon bersetatus janda cerai mati) yang dimatereikan Rp. 10.000,- (NAZEGELEN) di Kantor Pos
  10. Membayar panjar biaya perkara
  11. Surat Penolakan dari KUA

  1. Pihak Pemohon datang ke PTSP bagian Pendaftaran setelah mengambil antrian pendaftaran
  2. Pihak membayar panjar biaya perkara pada BRI (ada di PTSP) setelah mendapat perincian taksiran biaya dari petugas Pendaftaran
  3. Pihak menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas pendaftaran pada PTSP yang dilengkapi dengan dokumen persyaratan
  4. Petugas Pendaftaran (PTSP) meregister dan menyerahkan kembali satu rangkap surat permohonan yang telah diberi nomor perkara kepada pihak
  5. Selanjutnya pihak menunggu panggilan dari Jurusita-jurusita pengganti Pegadilan Agama untuk datang pada hari persidangan yang telah ditentukan

  1. Estimasi waktu hanya untuk penerimaan perkara saja, sebelum penerimaan perkara ada prosedur yang harus diikuti :

1. Pengecekan persyaratan

2. Pembuatan Surat Permohonan oleh Posbakum

3. Pembayaran Biaya Panjar

  1. Biaya Pendaftaran Rp. 30.000
  2. Biaya proses / ATK Rp. 50.000
  3. Biaya Panggilan para pihak (sesuai radius berdasarkan SKB  Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama)
  4. PNBP Surat Panggilan Pertama untuk para pihak masing-masing Rp. 10.000
  5. Redaksi Rp. 10.000
  6. Materei Rp. 10.000

Putusan

  1. Pengaduan dan Penanganan Pengaduan pada Pengadilan Agama Tuban dilakukan melalui Aplikasi SIWAS (www.siwas.mahkamahagung.go.id)
  2. Meja Pengaduan pada PTSP Pengadilan Agama Tuban
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pendaftaran Perkara Wali Adhol"