Standar Pelayanan Loundry

  1. Buku serah terima linen kotordan linen bersih antara petugas laundry dengan petugas ruangan/ CSSD
  2. Laporan linen rusak
  3. Laporan linen masuk dan keluar
  4. Sensus linen

  1. 1. Pengumpulan Linen disetiapruangan - Petugas menjemput linen OC dan ruang rawat inap - Linen diambil dalam keadaan terpisah antara linen infeksius dan non infeksius - Linen dibawa ke Instalasi Laundry
  2. Penyortiran dan Penimbangan Linen Petugas menggunakan APD Linen ditimbang kemudian dicatat dalam buku penerimaan linen kotor Linen dipisahkan antara linen kotor infeksius berat dan ringan - Linen ditimbang berdasarkan kapasitas mesin cuci
  3. 3. Pencucian linen infeksius dan non infeksius, Pengeringan - Petugas menggunakan APD lengkap - Untuk linen infeksius dilakukan pemilahan antara linen yang bernoda berat dengan yang bernoda ringan - Untuk linen bernoda berat dilakukan penyikatan dan perendaman dengan menggunakan disinfektan, kemudian linen dimasukkan kedalam mesin cuci infeksius dengan menggunakan air panas bersuhu 60 derajat celcius - Untuk linen bernoda ringan langsung dilakukan pencucian pada mesin cuci infeksius dengan menggunakan air panas bersuhu 60 derajatcelcius - Untuk linen non infeksius langsung dilakukan pencucian pada mesin cuci non infeksius - Setelah linen melalui proses pencucian, linen dipindahkan kedalam mesin pengering untuk dilakukan proses pengeringan
  4. 4. Penyetrikaan, Pelipatandan Packing Linen - Setelah linen menjalani proses pengeringan, dilakukan penyetrikaan - Kemudian linen dilipat - Setelahdilipat linen dipacking dengan mencatat tanggal dan jumlah linen pada plastic packingannya - Linen siap didistribusikan kembali keruangan terkait
  5. 5. Sortir Linen Rusak - Pelaksanaan sortir dilakukan setiap hari sebelum linen didistribusikan - Perhatikan linen saat penyetrikaan - Penyortiran linen rusak bera tantara lain : a. Rusak secara fisik b. Terkena noda dan tidak bias hilang c. Linen menipis karena sudah lama - Jika linen hanya rusak ringan dilakukan penjahitan - Jika linen rusak berat kemudian disisihkan dan dicatat dalam buku laporan linen rusak - Rekap kerusakan linen setiap satu tahun sekali atau saat kapasitas linen rusak sudah banyak sekali
  6. 6. Desinfeksi Trolley - Petugas menggunakan APD lengkap - Setiap sebelum dan sesudah trolley digunakan, dilakukan disinfektan
  7. 7. Desinfeksi BakPerendaman, Lantai, Dinding KamarMandi - Petugas menggunakan APD lengkap - Cuci bak perendaman dengan air mengalir - Gunakan cairan disinfektan untuk membersihkan kotoran sisa pencucian - Siram lantai dan dinding dengan air, kemudian disiram dengancairandisinfektan, gosok dengan alat pembersih - Proses pencucian tersebu tdilakukan setiap setelah proses pencucian linen
  8. 8. PencucianpadaMesinCuci - Setelah proses pencucian mesin cuci dibersihkan pada bagian luar dengan mengelap sisa-sisa detergent yang menempel - Untuk pencucian bagian dalam mesincuci, dilakukan proses pencucian pada saat mesin cuci dalam keadaan kosong tanpa linen
  9. 9. Penanganan Limbah Padat / Feces pada Linen - Petugas menggunakan APD lengkap - Mengambil linen kotor yang terkena limbah padat/ feces yang telah dipisahkan dalam plastic kuning yang telah diberi tanda oleh petuga sruangan - Linen dalam plastic kuning dibawa keInstalasi laundry - Linen dikeluarkandari plastic limbah padat/ feses pada linen dibersihkan dengan menggunakan air mengalir kemudian limbah padat/ feses dibuang pada saluran khusus limbah - Linen dicuci dengan disinfektan dan dilakukan perendaman, kemudian linen dicuci sesuai dengan cara pencucian linen infeksius
  10. 10. Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) pada Petugas Laundry - Petugas distribusi linen : a. Baju kerja b. Sarung tangan c. Celemek - Petugas penerima, Pencucian dan Pemilahan linen kotor : a. Baju kerja b. Apron c. Sepatu karet d. Sarung tangan karet panjang e. Topi atau penutup kepala f. Masker g. Kacamata - Petugas pengeringan dan penyetrikaan linen : a. Baju kerja b. Sepatu / sandal c. Sarung tangan tahan panas d. Topi atau penutup kepala - Petugas pelipatan dan packing linen : a. Baju kerja b. Sepatu / sandal c. Topi atau penutup kepala

a.

Linen Kotor,

 

 

Penjemputan linen kotor dilakukan pagi pukul 08.30 WIB

b.  Pengambilan linen kotor  tahap  kedua untuk  IBS  dilakukan

 

pukul 15.00 WIB

 

c.

Pengambilan linen bersih,

 

 

1.  Pada tahap I, untuk linen OC/IBS pukul 12.00 WIB

 

2.  Pada tahap II, pukul 17.00 WIB

 

d.  Untuk pengambilan linen ruangan pukul 15.00 WIB

Tidak dipungut biaya

Linen bersih

  1. Melalui konsultasi langsung;
  2. Melalui telepon/handphone;
  3. Kotak Pengaduan
  4. Melalui komunikasi secara elektronik (email) sesuai bidang tugasnya;
  5. Melalui Aplikasi LAPOR!-SP4N dengan cara ketik ACEH SELATAN (Spasi) isi pengaduan kirim ke 1708
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Loundry"