Standar Pelayanan Publik Penatalaksanaan Resusitasi Cairan

  1. Berada di wilayah Kab.Soppeng
  2. Menghubungi call center 119

  1. Pasien/ keluarga menghubungi call center 119
  2. Petugas operator menerima panggilan dan mengidentifikasi lokasi kejadian, identitas, keadaan ( keluhan ) yang di alami pasien.
  3. Tim PSC 119 Kabupaten / Kecamatan segera berangkat ke lokasi kejadian sesuai dengan alamat pasien.
  4. Melakukan anamnese terhadap pasien sesuai dengan lembar identifikasi / pengkajian.
  5. Petugas memakai sarung tangan.
  6. Lakukan penilaian tentang kondisi pasien.
  7. Pasang infus dengan cairan kristaloid (NaCl 0,9%, Ringer laktat, Ringer asetat.
  8. Berikan cairan infus sesuai dengan kebutuhan
  9. Pasien syok hipovolemik
  10. Berikan ringer laktat 20ml/kg bb selama 30-60 menit (jika respon tidak membaik dosis bisa diulangi).
  11. Pasien syok hemoragik boleh diberikan cairan 2-3 lt dalam 10 menit.
  12. Pasien dengan luka bakar 24 jam pertama berikan 2-4 ml RL/kg BB tiap % luka bakar dengan cara: Setengah dosis diberikan untuk 8 jam pertama dan setengah dosis berikut 16 jam kemudian (jika respon membaik, turunkan laju infus secara bertahap.
  13. Pasien dengan dehidrasi berat Untuk neonatus dengan berat 2-3 kali : 4 jam pertama berikan 25 ml/kg BB/jam atau 6 tetes/kg BB/menit bila 1 ml = 15 tetes atau 8 tetes/kg BB/menit bila 1 ml = 20 tetes.
  14. Untuk anak 5-10 tahun dengan berat badan 15-25 kg 11 jam pertama = 20 ml/kg BB/jam 7 jam Selanjutnya = 10 ml/kg BB/jam
  15. Untuk anak lebih dari 10 tahun berikan 20 ml/kg BB/jam pada jam pertama
  16. Hal-hal yang perlu diperhatikan: Pantau keadaan pasien Perhatikan tanda-tanda edema paru (sesak)

Pelayanan 24 Jam

Tidak dipungut biaya

Penatalaksanaan Resusitasi Cairan

  • SMS (08114000119)
  • Telepon (0484119)
  • Email (psc119soppeng@gmail.com)
  • Kotak Saran
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Publik Penatalaksanaan Resusitasi Cairan"