Sambungan Baru

  1. Mengisi Formulir Permohonan Sambungan Baru dan bermaterai cukup
  2. Foto copy KTP dan KK 1 (satu) lembar.
  3. Rekening listrik.

  1. 1. Pelanggan mengisi formulir pasang baru
  2. 2. Petugas Pemasaran melakukan cek di data base dan cek lokasi melalui aplikasi dan jika diperlukan melakukan cek lapangan untuk kemudian menentukan bahan material dan membuat RAB pasang baru.
  3. 3. Pelanggan dipanggil melalui telepon atau surat untuk melakukan pembayaran biaya pasang baru di loket pembayaran dan Petugas Unit Pemasaran memberi tanda lunas di berkas pasangan baru dan di-entry pada Aplikasi
  4. 4. Unit Pemasaran membuat Surat Perintah Pekerjaan pasang baru ke Unit Pasangan Baru Bagian Jaringan Pipa Pelanggan atau pihak Outsourcing;
  5. 5. Unit Pasangan Baru Bagian Jaringan Pipa Pelanggan atau pihak Outsourcing mengambil bahan di gudang dan melakukan kegiatan pemasangan instalasi sampai air dapat mengalir di rumah pelanggan;
  6. 6. Air mengalir di rumah pelanggan;
  7. 7. Bagian Pengawasan Pekerjaan cek lokasi hasil pekerjaan dan verifikasi pemakaian alat kerja;
  8. 8. Bagian Pencatat Pemakaian Air memasukan data pasangan baru yang terpasang ke Data Pelanggan untuk dibuatkan rekening;
  9. 9. Proses sambungan baru Selesai, Unit Pasangan Baru Bagian Jaringan Pipa Pelanggan tutup kasus melalui Aplikasi.

  1. Sambungan baru standart waktu pelaksanaan 2 (dua) hari kerja
  2. Sambungan baru non standart panjang jaringan distribusi tidak melebihi 20 meter waktu pelaksanaan 5 (lima) hari kerja.

Biaya Sistim Penyediaan Air Minum untuk Sambungan Baru Reguler bagi Calon Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang terdiri dari :

I. PASANG BARU SR VERTIKAL

A. Pemasangan SR Vertikal – Tapping Pipa Distribusi Ǿ2” (panjang pipa 1-10 meter)

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp.1.195.000,00
  2.  Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.2.015.000,00
  3.  Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.2.995.000,00

B. Pemasangan SR Vertikal – Tapping Pipa Distribusi Ǿ3” (panjang pipa 1-10 meter)

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp.1.275.000,00
  2. Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.2.085.000,00
  3. Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.3.075.000,00

C. Pemasangan SR Vertikal – Tapping Pipa Distribusi Ǿ4” (panjang pipa 1-10 meter)

  1. Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp.1.305.000,00
  2.  Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.2.135.000,00
  3. 3. Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.3.120.000,00

II.PEMASANGAN KEMBALI METER VERTIKAL SR/ BUKA KEMBALI (panjang pipa 1-10 meter)

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp.1.100.000,00
  2. 2. Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.1.915.000,00
  3. 3. Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.2.850.000,00

III.PEMINDAHAN METER VERTIKAL SR (panjang pipa 1-10 meter)

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp.345.000,00
  2. . Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.430.000,00
  3.  Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.485.000,00

IV.PEMASANGAN KELEBIHAN PANJANG PIPA SR PER METER

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp. 25.000,00
  2.  Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp. 30.000,00
  3.  Ǿ 1” Pipa HDPE Rp. 35.000,

V.GANTI STOP KRAN METER VERTIKAL SR

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp. 95.000,00
  2. Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.265.000,00
  3.  Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.360.000,00

VI.GANTI BAK METER VERTIKAL SR

  1.  Ǿ 1/2” Pipa HDPE Rp.195.000,00
  2. Ǿ 3/4” Pipa HDPE Rp.195.000,00
  3.  Ǿ 1” Pipa HDPE Rp.215.000,00

II. Biaya Sistem Penyediaan Air Minum untuk Sambungan Baru khusus Masyarakat Berpenghasilan     Rendah (MBR) bagi Calon Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang sebesar Rp.         550.000,00 (lima ratus lima puluh ribu Rupiah) belum termasuk biaya materai, dengan Pipa PE         ukuran Ø ½” dengan batas maksimum 10 (sepuluh) Meter. 

 

Pemasangan Sambungan Baru

Prosedur Pengajuan Pelayanan Sambungan Baru Yang Harus Diikuti Oleh Setiap Calon Pelanggan dan Petugas Terkait:

  1. Pelanggan mengisi formulir pasang baru
  2. Petugas Pemasaran melakukan cek di data base dan cek lokasi melalui aplikasi dan jika diperlukan melakukan cek lapangan untuk kemudian menentukan bahan material dan membuat RAB pasang baru.
  3.  Pelanggan dipanggil melalui telepon atau surat untuk melakukan pembayaran biaya pasang baru di loket pembayaran dan Petugas Unit Pemasaran memberi tanda lunas di berkas pasangan baru dan di-entry pada Aplikasi;
  4.  Unit Pemasaran membuat Surat Perintah Pekerjaan pasang baru ke Unit Pasangan Baru Bagian Jaringan Pipa Pelanggan atau pihak Outsourcing;
  5.  Unit Pasangan Baru Bagian Jaringan Pipa Pelanggan atau pihak Outsourcing mengambil bahan di gudang dan melakukan kegiatan pemasangan instalasi sampai air dapat mengalir di rumah pelanggan;
  6.  Air mengalir di rumah pelanggan;
  7.  Bagian Pengawasan Pekerjaan cek lokasi hasil pekerjaan dan verifikasi pemakaian alat kerja;
  8.  Bagian Pencatat Pemakaian Air memasukan data pasangan baru yang terpasang ke Data Pelanggan untuk dibuatkan rekening
  9. Proses sambungan baru Selesai, Unit Pasangan Baru Bagian Jaringan Pipa Pelanggan tutup kasus melalui Aplikasi.
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Sambungan Baru"