PP ( Peraturan Perusahaan )

  1. Perusahaan membuat draf Peraturan Perusahaan dengan melibatkan perwakilan pekerja
  2. Syarat kerja disesuaikan dengan kondisi di perusahaan dengan acuan UU. No. 13 Tahun 2003 yang sesuai dan tidak lebih rendah dari normatifnya
  3. Tata tertib kerja

  1. PENGUSAHA MEMBUAT DRAF PP

PROSEDUR PENGELOLAAN TATA CARA PEMBUATAN DAN PENGESAHAN PP              
                                 
NO. KEGIATAN PELAKSANA MUTU BAKU KET              
PENGUSAHA PEKERJA DISNAKER UU. 13 TAHUN 2003 KELENGKAPAN WAKTU  OUTPUT              
1. PENGUSAHA MEMBUAT DRAF PP         Draf PP dibuat oleh pengusaha 1 minggu Draf PP                
            dan melibatkan perwakilan pe-                    
            kerja                    
2. MEMUAT TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN         -sda- -sda- -sda-                
   PEKERJA DAN PERUSAHAAN                              
                                 
3. SYARAT KERJA SESUAI KONDISI PERUSAHAAN          Peraturan perundang-undangan -sda- -sda-                
  DAN NORMATIFNYA SESUAI UU. NO. 13 TAHUN          yang berlaku                    
  2003                              
4. TATA TERTIB SESUAI DENGAN KONDISI PER-         -sda- -sda- -sda-                
  USAHAAN TIDAK BOLEH RENDAH NORMATIF-                              
  NYA DARI UU. NO. 13 TAHUN 2003                              
5. MASA BERLAKUNYA PP         -sda- 2 tahun -sda-                
                                 
                                 
6. DRAF PP SUDAH SELESAI, DIAJUKAN KE         Draf PP 14 hari -sda-                
  DISNAKER KAB/KOTA TERDEKAT                              
                                 
7. APABILA DRAF PP YANG DIBUAT LEBIH RENDAH         Draf dikembalikan ke per- 1 hari -sda-                
  NORMATIFNYA DARI UU. NO. 13 TAHUN 2003 DI-         usahaan                    
  KEMBALIKAN KE PERUSAHAAN                              
8. LAMA REVISI DRAF PP         Draf PP 14 hari -sda-                
                                 
                                 
9. APABILA HASIL REVISI SUDAH DIANGGAP          Sudah disahkan dan dikembali 3 hari Disosialisasikan kepada para                
  BENAR, BARU DIBUATKAN PENGESAHAN         kan ke perusahaan   pekerjanya                
                                 
                                 
                                 
                                 

Tidak dipungut biaya

Pengesahan Peraturan Perusahan (PP)

SOP PEMBUATAN PERATURAN PERUSAHAAN

 

 

 

Langkah Awal

 

 

1

 

 

Perusahaan membuat draf Peraturan Perusahaan dengan melibatkan perwakilan pekerja

 

 

2

 

 

Memuat tentang Hak dan Kewajiban pekerja dan perusahaan

 

 

 

 

 

3

 

 

Syarat kerja disesuaikan dengan kondisi di perusahaan dengan acuan UU. No. 13 Tahun 2003 yang sesuai dan tidak lebih rendah dari normatifnya

 

 

4

 

 

Tata tertib kerja

 

 

 

5

 

 

Masa berlakunya Peraturan Perusahaan 2 Tahun

 

 

 

Langkah Utama

 

6

 

Setelah perusahaan sudah membuat draf Peraturan Perusahaan diajukan ke Dinas Tenaga Kerja Kab/Kota kemudian diperiksa oleh petugas yang membidangi

 

 

 

7

 

Apabila ada penyimpangan pada UU. No. 13 Tahun 2003 tidak sesuai dan lebih rendah dari normatifnya maka draf tersebut ditolak untuk diperbaiki dan dikembalikan lagi ke perusahaan.

 

 

 

 

8

 

 

Waktu paling lama diperbaiki/direvisi oleh perusahaan paling lama 14 hari sudah dibawa ke Dinas Tenaga Kerja

 

 

Langkah Akhir

 

9

 

Dan apabila sudah direvisi oleh perusahaan, sudah dianggap benar, baru dibuatkan pengesahan dari Dinas Tenaga Kerja yang membidangi

 

 

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

-

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "PP ( Peraturan Perusahaan )"