Pelayanan Perawatan ICU ( Melakukan defibrasilasi dan Kardioversi )

  1. Instruksi dokter dalam berkas rekam medik pasien

  1. Persiapan pasien a. Memberikan salam kepada pasien dan memperkenalkan diri b. Identifikasi pasien dengan benar c. Kontrak waktu d. Menjelaskan tujuan dan prosedur yang akan dilakukan pada pasien dan keluarga
  2. Pelaksanaan a. Cuci tangan b. Mendekatkan alat kepasien c. Menghubungkan alat dengan sumber listrik' d. Nyalakan alat dengan memutar tuas ke tanda EKG e. Oleskan jelly pada kedua paddle f. Tempelkan jedua paddle pada dinding dada penderita dengan lokasi yang sesuai dengan tanda paddle atau tempat lain atas indikasi sesuai perintah dokter ( misalnya antero posterior ) g. Lihat pada monitor alat, kelainan irama yang timbul, tentukan dosis ( oleh dokter ) h. Dosisi energy yang akan dipakai ditentukan dengan memutar tuas ke kanan sampai besarnya angka yang dimaksud dan tunggu sampai tulisan "joule" berkedip-kedip sebagai tanda energy telah siap pakai. i. Bila perlu, tombol pilihan "sync" ditekan untuk tindakan kardioversi. j. Sebelum tindakan defibrilasi, maka operator harus memastikan bahwa tidak ada orang lain yang berada disekitar tempat tidur, bahkan memegang penderita dengan berseru : are clear!!!! k. Tekan kedua paddle secukupnya pada dinding dada penderita dan tekan tombol "shock" pada kedua paddle secara bersama-sama, maka energy listrik akan segera ditembakkan. i. Setelah selesai melakukan tindakan ini, kedua paddle jagan segera diangkat dari dinding dada penderita tetapi tetap di situ untuk melihat apakah irama telah kembali normal. m. Selanjutnya bila diperlukan defibrilasi ulangan, maka proses tersebut diulangi lagi. n. Bila irama telah kembali normal, namun masih diperlukan standby, maka alat jangan dimatikan dan tetap diletakkan di samping penderita. kedua paddle dibersihkan. o. Bila benar - benar tidak diperlukan lagi, maka alat dimatikan, kedua paddle dibersihkan dan alat dikembalikan lagi ditempatnya. Dan jangan lupa untuk tetap mengisi baterainya.

Jangka waktu penyelesaian sekitar 10 menit.

Untuk pasien BPJS tidak dipungut biaya, kecuali jika pasien naik kelas 1 tingkat.

Untuk pasien UMUM dikenakan tarif sesuai PERBUP No. 76 Th 2018 Tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Pada RSUD La Temmamala dan PERDA No. 04 Th 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum Pelayanan Kesehatan.

Layanan jasa rawat inap

Kotak saran dan SMS

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Perawatan ICU ( Melakukan defibrasilasi dan Kardioversi )"