Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Essensial Perawatan Kesehatan Masyarakat

  1. Memiliki STR dan SIP
  2. Memiliki kompetensi di bidang Perkesmas

  1. A. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN BALITA GIZI BURUK 1. Persiapan alat dan TIM. 2. Menyiapkan blangko sasaran PHN dan surat Tugas. 3. Menuju ke sasaran/keluarga balita gizi buruk. 4. Memperkenalkan diri pada keluarga gizi buruk. 5. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan. 6. Melaksanakan pengkajian fokus dengan blangko Askep keluarga. 7. Menganalisa data/menentukan diagnosa keperawatan. 8. Merencanakan tindakan (sama dengan pelaksanaan). 9. Melaksanakan tindakan keperawatan. 10. Mengevaluasi hasil tindakan. 11. Mendokumentasikan asuhan pada blangko perkesmas. 12. Mengadakan kontrak untuk pertemuan berikutnya jika dianggap kurang. 13. Berpamitan dan mengucapkan salam/terimakasih. 14. Melaporkan hasil kegiatan pada koordinator perkesmas
  2. B. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN ANGGOTA KELUARGA BUMIL RISIKO TINGGI 1. Persiapan alat dan TIM sesuai kebutuhan. 2. Menuju sasaran /keluarga rawan. 3. Memperkenalkan diri pada keluarga/sasaran. 4. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan. 5. Melaksanakan pengkajian fokus dengan blangko askep keluarga. 6. Menganalisa data menentukan diagnosa keperawatan. 7. Melaksanakan tindakan (sama dengan pelaksanaan). 8. Melasanakan tindakan keperawatan 9. Mengevaluasi hasil tindakan 10. Mendokumentasikan asuhan perawatan pada blangko perkesmas. 11. Mengadakan kontrak untuk pertemuan berikutnya jika dianggap Kurang 12. Berpamitan dan mengucapkan salam/terima kasih. 13. Melaporkan hasil kegiatan pada koordinator perkesmas.
  3. C. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN ANGGOTA KELUARGA DIABETES MELITUS 1. Persiapan alat. 2. Menuju sasaran. 3. Memperkenalkan diri pada keluarga/sasaran. 4. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan 5. Melaksanakan pengkajian fokus (dengan blanko perkesmas) 6. Menganalisa data/menentukan diagnosa keperawatan 7. Merencanakan tindakan (sama dengan pelaksanaan). 8. Melaksanakan tindakan keperawatan 9. Mengevaluasi hasil tindakan (respon) 10. Mendokumentasikan asuhan pada blangko perkesmas. 11. Mengadakan kontrak untuk pertenmuan berikutnya jika di anggap Kurang. 12. Berpamitan dan mengucapkan salam/terima kasih. 13. Melaporkan hasil kegiatan pada koordinator perkesmas.
  4. D. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT (PERKESMAS) 1. Petugas mempersiakan diri. 2. Persiapan alat PHN kit ( alat-alat yang dibutuhkan sesuai kasus : Tensi, stetoscope,midline, alat tulis, dll ). 3. Petugas mengidentifikasi kasus yang akan dilakukan kunjungan 4. Petugas menuju ke sasaran/keluarga, panti, kelompok, masyarakat 5. Petugas melakukan kunjungan dan melaksanakan pengkajian. 6. Petugas menganalisa data serta menetapkan diagnosa perawatan atau masalah kesehatan. 7. Petugas merencanakan tindakan terkait masalah kesehatan yang di Temui. 8. Petugas melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana tindakan. 9. Petugas mengevaluasi hasil tindakan. 10. Petugas mendokumentasikan hasil kegiatan ke blangko perkesmas Yang telah tersedia. 11. Petugas melaporkan hasil ke pemegang program.
  5. E. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN ANGGOTA KELUARGA GANGGUAN JIWA 1. Persiapan alat 2. Menuju ke sasaran/keluarga 3. Memperkenalkan diri pada keluarga/sasaran 4. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan 5. Melaksanakan pengkajian fokus/data subyektif dan obyektif (dengan blangko askep keluarga) 6. Menganalisa data dan menentukan diagnosa keperawatan Kemungkinan diagnosa yg muncul - Gangguan konsep diri : Harga diri rendah - Koping individu tidak efektif - Isolasi sosial : menarik diri 7. Merencanakan tindakan 8. Melaksanakan tindakan keperawatan (kolaborasi dengan psikolog) a. Membina hubungan saling percaya, tindakan yang dilakukan: - Mengucapkan salam teraupetik - Berjabat tangan - Menjelaskan tujuan interaksi. - Membuat kontrak topik,waktu dan tempat setiap kali bertemu klien. b. Mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang masih dimiliki klien. Yang dapat dilakukan perawat adalah: - Mendiskusikan bahwa sejumlah kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien seperti kegiatan di rumah,dalam keluarga dan lingkungan terdekat klien. - Memberi pujian yang realistis/nyata setiap bertemu klien. c. Membantu klien menilai kemampuan yang dapat digunakan. Yang dilakukan perawat adalah: - Mendiskusikan dengan klien kemampuan yang masih dapat digunakan saat ini - Membantu klien menyebutkan dan memberi penguatan terhadap kemampuan diri yang diungkapkan klien. - Perlihatkan respon yang kondusif dan menjadi pendengar yang aktif. d. Membantu klien memilih/menetapkan kemampuan yang akan dilatih. Yang dilakukan perawat adalah: - Mendiskusikan dengan klien beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dan dipilih sebagai kegiatan yang akan klien lakukan sehari-hari. - Membantu klien menetapkan kegiatan mana yang dapat dilakukan secara mandiri, mana yang perlu bantuan penuh dari keluarga/lingkungan terdekat.memberikan contoh cara pelaksanaan kegiatan dan menyusun bersama-sama membuat daftar kegiatan sehari-hari klien. e. Melatih kemampuan yang dipilih klien. Yang dapat dilakukan adalah: - Mendiskusikan dengan klien untuk melatih kemampuan yang dipilih. - Bersama pasien memperagakan kegiatan yang ditetapkan. - Memberi dukungan dan pujian pada setiap kegiatan yang dapat dilakukan pasien. f. Mengajarkan klien teknik relaksasi untuk meningkatkan kontrol dan rasa percaya diri: - Mengalihkan situasi. - Melatih relaksasi : tarik nafas dalam, mengerutkan dan mengendorkan otot-otot. g. Melatih pasien berinteraksi dengan orang lain secara bertahap : - Menjelaskan kepada klien cara berinteraksi dengan orang lain. - Bila menunjukkan kemajuan tingkatkan jumlah interaksi menjadi tiga,empat,lima,orang dan seterusnya. - Memberikan pujian setiap ada kemajuan klien. - Keluarga memberikan dukungan yang positif. h. Mengevaluasi hasil tindakan Setelah dilakukan tindakan 4x60 menit keluarga mampu: - Mengenal masalah kesehatan jiwa - Keluarga dan lingkungan menerima dan melibatkan klien dalam kegiatan - Membantu klien dalam kegiatan sehari-hari - Menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk berinteraksi - Memanfaatkan fasilitas kesehatan puskesmas i. Mendokumentasikan asuhan pada blangko perkesmas yang telah tersedia j. Mengadakan kontrak untuk pertemuan berikutnya jika diangggap kurang k. Pamitan dan mengucapkan salam/terimakasih l. Melaporkan hasil kegiatan pada koordinator perkesmas
  6. F. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN ANGGOTA KELUARGA HIPERTENSI 1. Persiapan alat. 2. Menuju sasaran. 3. Memperkenalkan diri pada keluarga/sasaran. 4. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan. 5. Melaksanakan pengkajian fokus (DO dan DS) menggunakan blangko perkesmas 6. Menganalisa data/menentukan diagnosa keperawatan 7. Merencanakan tindakan (sama dengan pelaksanaan). 8. Melaksanakan tindakan keperawatan 9. Mengevaluasi hasil tindakan (respon) 10. Mendokumentasikan asuhan pada blangko perkesmas. 11. Mengadakan kontrak untuk pertenmuan berikutnya jika di anggap Kurang. 12. Berpamitan dan mengucapkan salam/terima kasih. 13. Melaporkan hasil kegiatan pada koordinator PE
  7. G. PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN ANGGOTA KELUARGA TBC/PKTB 1. Persiapan alat. 2. Menuju sasaran. 3. Memperkenalkan diri pada keluarga/sasaran. 4. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan. 5. Melaksanakan pengkajian fokus,masalah yang lazim ditemukan: 6. Batuk berdahak, BTA +, nafsu makan tak ada, badan lemah, cepat 7. capai, keadaan rumah lembab, jendela jarang di buka, kebersihan 8. lingkungan kurang, pendidikan rendah, ekonomi rendah. 9. Menganalisa data/menentukan diagnosa keperawatan 10. Merencanakan tindakan (sama dengan pelaksanaan). 11. Melaksanakan tindakan keperawatan 12. Mengevaluasi hasil tindakan (respon) 13. Mendokumentasikan asuhan pada blangko perkesmas. 14. Mengadakan kontrak untuk pertenmuan berikutnya jika di anggap Kurang. 15. Berpamitan dan mengucapkan salam/terima kasih. 16. Melaporkan hasil kegiatan pada koordinator perkesmas

1 Hari Kerja

Tidak dipungut biaya

Capaian Kinerja Perkesmas

Pengaduan Secara Langsung di ruang pengaduan

Pengaduan  Secara Tidak Langsung melalui:

-      Kotak saran

-      Papan Pengumuman

-      Bener / Leaflet/Spanduk

-      Telpon (0280) 6262118

-      SMS 085931598834

-      Media Sosisal

-      Whats App   : 085931598834

-      Email            : puskesmasmajenang1@gmail.com

-      Facebook     : Puskesmas Majenang I

-      Instagram     : @pkmmajenangsatu

-      Blogspot       : uptdpuskesmasmajenang1@blogspot.com

-      Web              :https://puskesmasmajenang1.cilacapkab.go.id/

Tata Cara Pengaduan SOP Pengaduan

1.    Pelanggan menulis dibuku tamu

2.  Pasien melakukan pengaduan dicatat dalam register dan formulir pengaduan dengan tandatangan pelanggan dan tim pengaduan

3.    Pengaduan diterima oleh tim pengaduan

4.    Tim pengaduan melakukan analisa pengaduan

5.    Tim pengaduan melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada pengadu

6.    Tim pengaduan bersama pengadu menyelesaikan masalah

7.    Masalah selesai

8.    Tim pengaduan membuat laporan pengaduan

9.    Tim pengaduan melaporkan kepada kepala puskesmas.

10. Jika masalah tidak dapat diselesaikan,  tim pengadun bersama kepala puskesmas melanjutkan masalah ke dinas terkait/ lintas sectoral/Kepala Dinas Kesehatan  untuk membuat tindak lanjut.


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Essensial Perawatan Kesehatan Masyarakat"