Pelayanan Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap Dan Rawat Jalan

  1. Asuhan Gizi rawat Inap : Rekam medis pasien
  2. Hasil assesment Skrining gizi pasien rawat inap dengan skor ? 2
  3. Asuhan Gizi rawat jalan : Pasien rujukan Poli Rawat Jalan --> Form Rujukan Pasien dari dokter poli yang merujuk

  1. A. SKRINING GIZI -- RAWAT INAP
  2. Tahapan pelayanan gizi rawat inap diawali dengan skrining gizi 1x 24 jam yang dilakukan oleh perawat ruang rawat inap dan dilakukan validasi oleh ahli gizi
  3. Bila hasil skrining menunjukan pasien beresiko malnutrisi (skor ? 2 untuk dewasa,anak dan geriatri, dan adanya 1 indikasi untuk neonatus) akan dilanjutkan dengan langkah – langkah Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) oleh ahli gizi klinik
  4. Untuk pasien dengan hasil skrining gizi < 2 maka tidak dilakukan Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) dan hanya diberikan edukasi/motivasi gizi serta 7 hari kemudian dilakukan skrining gizi ulang
  5. SKRINING GIZI -- RAWAT JALAN
  6. Pelayanan asuhan gizi pasien rawat jalan atas dasar hasil skrening gizi awal rawat jalan oleh petugas rawat jalan dan atau rujukan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) serta atas permintaan sendiri
  7. B. ASESSMENT GIZI
  8. Ahli gizi melakukan assesment pada pasien dengan hasil skor skrining gizi awal ? 2 (Pasien rawat inap) untuk pasien dewasa,anak dan geriatri
  9. Ahli gizi melakukan assesment pada pasien meliputi data Antropometri, Biokimia, Fisik/Klinis dan Riwayat makan
  10. Ahli gizi mendata masalah gizi berdasarkan hasil assesment pasien untuk kemudian akan dilanjutkan dengan penentuan diagnosa gizi
  11. C. DIAGNOSA GIZI
  12. Ahli gizi mengumpulkan data berdasarkan hasil assesment dan menentukan diagnosa gizi berdasarkan pengelompokannya yaitu Domain asupan (NI), domain Klinis (NC), dan domain Perilaku/behaviour (NB)
  13. Ahli Gizi menentukan diagnosa gizi secara terstruktur berdasarkan konsep PES (Problem, Etiologi dan Signs/Symptoms)
  14. Ahli Gizi menentukan Diagnosa Gizi yang akan dipakai sebagai acuan dalam tahap selanjutnya yaitu memberikan intervensi gizi
  15. D. INTERVENSI GIZI
  16. Ahli Gizi melakukan perencanaan intervensi gizi berdasarkan diagnosa gizi yang telah ditegakkan
  17. Ahli gizi melakukan perencanaan intervensi yang didalamnya meliputi penetapan tujuan intervensi ,preskripsi diet, jenis diet, modifikasi diet, jadwal pemberian diet dan jalur makanan
  18. Ahli Gizi melakukan implementasi gizi berdasarkan hasil dari perencanaan intervensi berupa pemberian makanan (pasien rawat inap) ,edukasi gizi, konseling dan koordinasi dengan tenaga kesehatan lain
  19. E. MONITORING DAN EVALUASI GIZI
  20. Rawat Inap : Ahli gizi mengumpulkan informasi yang diperlukan mengenai perkembangan dan kondisi pasien dengan cara bertanya kepada pasien/keluarga pasien serta membaca buku rekam medis pasien, meliputi hasil :laboratorium,tekanan darah,keluhan dan gejala serta ada tidaknya komplikasi
  21. Ahli gizi membandingkan parameter yang dimonitor sebelum dan sesudah intervensi gizi dengan nilai standart
  22. Rawat Jalan : Ahli gizi menetapkan jadwal kunjungan ulang ke poli gizi untuk dilakukan monitoring dan evaluasi hasil edukasi atau konseling gizi
  23. Ahli gizi mengumpulkan informasi yang diperlukan mengenai perkembangan dan kondisi pasien dengan cara bertanya kepada pasien/keluarga pasien serta membaca buku rekam medis pasien, meliputi hasil : laboratorium, tekanan darah, keluhan dan gejala serta ada tidaknya komplikasi
  24. Ahli gizi membandingkan parameter yang dimonitor sebelum dan sesudah intervensi gizi dengan nilai standart

Estimasi Pelayanan 15-20 menit

1. Satu paket dengan pelayanan poli rawat jalan reguler
2. Poli eksekutif Rp 25.000,-

Edukasi / Konseling Gizi

1. Kotak saran
2. Telepon (0355)322609
3. SMS (HP 082132002005)
4. Email (rsu_iskak_ta@yahoo.com)
5. Website (rsudtulungagung.com)
6. Facebook (https://www.facebook.com/rsudiskaktulungagung)
7. Instagram (rsud.iskak)
8. Twitter (@rsud_iskak)
9. Secara langsung

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap Dan Rawat Jalan "