Pelayanan Hemodialisa

  1. Pasien Umum : Melakukan pendafataran dengan mengisi formulir pendaftaran kebagian pendaftaran (Loket)
  2. Pasien JKN : a. Fotocopy KTP dan KK, b. Rujukan Faskes pertama/resume pasien pulang, c. Kartu JKN
  3. Pasien Luar Kota : a. Pasien JKN : Membawa kartu JKN dan membawa surat travelling dialysis kebagian pendaftaran, b. Pasien Umum : Mendaftarkan data diri dan membawa surat travelling dialysis.

  1. 1. PASIEN BARU DARI UNIT GAWAT DARURAT a. Dokter IGD mengkonsultasikan pasien tersebut ke Dokter Pelaksana HD/Sp.PD yang menjadi konsulen IGD b. Dokter IGD / Sp.PD konsulen IGD menjelaskan kepada pasien dan keluarganya berbagai hal yang berhubungan dengan Hemodialisis c. Sp.PD konsulen IGD menjawab konsulan dilembar konsul d. Dokter pelaksana HD mengkonsulkan pasien HD ke Sp.PD penanggung jawab HD e. Petugas IGD melakukan pemeriksaan Laboratorium Screaning HD (Hbs Ag, HCV, dan HIV) memesan darah jika ada instruksi transfusi intra HD f. Perawat/Dokter jaga IGD menghubungi Unit Hemodialisis konfirmasi jadwal HD pasien baru g. Perawat IGD mengantar pasien ke Unit Hemodialisis setelah mendapat panggilan dari unit Hemodialisis h. Perawat Hemodialisis menyambut pasien tersebut dengan senyum ramah, memperkenalkan dirinya, menyapa i. Menerima dokumen rekam medic pasien, mengecek terhadap Informed consent (surat izin tindakan) dan vaskuler akses j. Melakukan pelayanan sesuai flow chart Unit Hemodialisis k. Observasi tanda-tanda vital dan keluhan pasien l. Mendokumentasikan m. Kolaborasi dengan Dokter pelaksana/Sp.PD Penanggung Jawab Unit Hemodialisis tentang program HD yang akan dilaksanakan n. Menjelaskan kepada pasien dan keluarga mengenai tata tertib yang berlaku di RS, khususnya di Unit Hemodialisis
  2. 1. PASIEN BARU DARI POLIKLINIK a. Dokter poliklinik mengkonsultasikan ke Dokter Pelaksana HD/dr. Sp.PD penanggung jawab HD b. Dokter pelaksana HD/Sp.PD penanggung jawab HD menjelaskan kepada pasien dan keluarganya berbagai hal yang berhubungan dengan Hemodialisa c. Dokter Pelaksana HD/Sp.PD penanggung jawab HD menjawab konsulan dilembar konsul d. Petugas poliklinik melakukan pemeriksaan Laboratorium Sreaning HD ( Hbs Ag, HCV dan HIV) memesan darah bila ada instruksi transfuse intra HD e. Perawat poliklinik menghubungi Unit Hemodialisa konfirmasi jadwal HD pasien baru f. Perawat Poliklinik menghubungi mengantar pasien ke Unit Hemodialisa sesuai jadwal yang disepakati. Prosedur selanjutnya sama dengan prosedur pasien baru dari IGD (point g-n)
  3. 2. PASIEN BARU DARI RAWAT INAP a. Dokter ruangan / penanggung jawab pasien tersebut mengkonsultasikan ke Sp.PD penganggung jawab HD/ Dokter pelaksana HD ( menulis dilembar konsul ) b. Dokter pelaksana HD/Sp.PD penanggung jawab HD menjelaskan kepada pasien dan keluarganya berbagai hal yang berhubungan dengan hemodialisa c. Sp.PD penganggung jawab HD menjawab konsulan dilembar konsul d. Perawat rawat inap melakukan pemeriksaan Laboratorium Screaning HD (Hbs Ag, HCV, dan HIV) memesan darah bila ada instruksi transfusi darah e. Perawat ruangan menghubungi Unit Hemodialisa konfirmasi jadwal HD pasien baru f. Perawat ruangan mengantar pasien ke Unit Hemodialisa sesuai jadwal yang disepakati. Prosedur selanjutnya sama dengan prosedur pasien baru dari IGD ( Point g-n )

Persiapan sampai dengan pelayanan hemodialisa :

4-5 jam perpasien/pertindakan

  1. Pasien umum berdasarkan Peraturan Walikota Singkawang No. 29 Tahun 2018 Tentang pola tarif dan tata cara pemungutan jasa pelayanan kesehatan pada pola pengelolaan keuangan BLUD RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang
  2. Pasien BPJS berdasarkan tarif INA-CBGs ( PMK No 4 thn 2017 tentang standar tarip pelayanan kes. Dalam penyelenggaraan program JKN)

Pelayanan Hemodialisa Single Use Dialiser

Penerima layanan dapat langsung mengadukan ketidak puasan terhadap pelayanan atau kritik dan saran kepada bagian pengaduan

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Hemodialisa"