Pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI ) cara menggunakan APD (alat pelindung diri)

  1. Melaksanakan cara menggunakan APD sesuai dengan SPO di rumah sakit.

  1. Langkah pemasangan masker : 1. Posisikan masker sesuai dengan ketentuan,bagian luarnya menghadap ke luar dan bagian dalam mengarah ke pemakai. 2. Eratkan tali atau karet elastis pada bagian tengah kepala dan leher. 3. Posisikan klip hidung dari logam yang fleksibel pada batang hidung. 4. Tarik bagian bawah dari masker ke arah leher. 5. Pas kan dengan erat pada wajah dan dibawah dagu sehingga melekat dengan baik. 6. Periksa ulang pengepasan masker. Langkah-langkah melepaskan masker : 1. Jangan menyentuh bagian depan dari masker karena telah terkontaminasi. 2. Lepaskan tali bagian bawah dan kemudian tali atau karet bagian atas. 3. Buang ke tempat sampah/ limbah infeksius. 4. Lakukan kebersihan tangan sesuai dengan prosedur.
  2. Langkah pemakaian kaca mata pelindung : 1. Pasang pada wajah dan mata,agar pas. Langkah pelepasan kaca mata pelindung : 1. Bagian luar dari kaca mata/ pelindung wajah telah terkontaminasi. 2. Saat melepasnya,pegang karetnya atau gagang kacamata. 3. Letakkan di wadah yang telah disediakan untuk diproses ulang/dalam tempat limbah/sampah infeksius.
  3. Langkah pemakaian gaun : 1. Langkah pemasangan ; tutupi badan sepenuhnya dari leher hingga lutut,tangan dan selubungkan kebelakang punggung lengan hingga bagian pergelangan. 2. Ikat dibagian belakang leher dan pinggang. Langkah pelepasan gaun : 1. Bagian depan gaun dan lengan gaun pelindung telah terkontaminasi. 2. Lepaskan tali pengikat. 3. Tarik dari leher dan bahu dengan memegang bagian dalam gaun pelindung saja. 4. Balik gaun pelindung. 5. Lipat atau gulung menjadi gulungan dan diletakkan diwadah yang telah disediakan untuk proses ulang atau dibuang ditempat limbah infeksius.
  4. Langkah pemakaian sarung tangan : 1. Buka pembungkus sarung tangan dengan hati-hati,pilih sesuai dengan ukuran. 2. Jika harus mempertahan kan prinsip-prinsip steril hindarkan sarung tangan terkontaminasi objek tidak steril. 3. Jari telunjuk dan jari sebelah kiri lainnya memegang lipatan sarung tangan sebelah kana bagian atas dan masukkan jari dan tangan sebelah kanan secara pelan-pelan (untuk yang kidal sebaliknya). 4. Untuk memakai sarung tangan sebelah kiri gunakan 4 jari tangan sebelah sebelah kanan,masukkan dalam lipatan sarung tangan (bagian luar ),segera masukkan jari dan tangan sebelah kiri secara perlahan-lahan (untuk yang kidal sebaliknya). Langkah-langkah melepaskan sarung tangan : 1. Ingatlah bahwa bagian luar dari sarung tangan telah terkontaminasi. 2. Pegang bagian luar sarung tangan sebelah kiri bagian atas dengan tangan kanan atau sebaliknya,kemudian lepaskan. 3. Pegang dan genggam sarung tangan sebelah kiri yang telah dilepaskan dengan menggunakan tangan sebelah kanan yang masih memakai sarung tangan atau sebaliknya. 4. Selipkan jari tangan sebelah kiri yang tidak memakai sarung tangan dibawah sarung tanagan sebelah kanan atau sebaliknya. 5. Lepaskan sarung tanaga sebelah kanan dengan membungkus sarung tangan sebelah kiri yang telah dibuka terlebih dahulu atau sebaliknya. 6. Sarung tangan sebelah kanan atau sebaliknya yang menyentuh kulit pemakai dibalik sehingga menghadap keluar. 7. Buang sarung tangan ditempat limbah infeksius. 8. Lakukan kebersihan tangan.
  5. Langka-langkah memakai penutup kepala : 1. Pakailah pelindung kepala sesuai dengan ukuran sehingga menutup semua rambut. 2. Ikat pelindung kepala yanga memakai tali,sesuai dengan ukuran kepala dengan posisi simpul dibelakang. 3. Lepaskan pelindung kepala (setelah digunakan) dan langsung dibuang ketempat sampah atau wadah yang telah disediakan untuk yang dipakai ulang.
  6. Langkah-langkah pemakaian pelindung kaki : 1. Gunakan sepatu karet/pelastik yang menutupi seluruh ujung dan telapak kaki,bisa digunakan sepatu boot dari bahan kulit. 2. Sepatu harus bersih. 3. Sepatu diruang operasi atau ruang tertentu tidak boleh digunakan atau dipakai keluar,tidak dianjurkan memakai sandal,sepatu dan telanjang kaki.

APD dimulai dari pemasangan masker,kaca mata pelindung (kacamata gogle),memakai gaun atau apron,memakai sarung tangan,penutup kepala,alas pelindung kaki.

APD yang dilepas sesudah tindakan,sarung tangan,masker,kaca mata pelindung (gogle),penutup kepala,apron,dan alas kaki.

Jasa Distribusi

Cara penggunaan APD di unit rawat inap/rawat jalan/igd/dan unit penunjang lainnya.

Tim PPI
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI ) cara menggunakan APD (alat pelindung diri)"