Unit Pelayanan

Jl. Salemba Raya No.28A, RT.5/RW.6, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430 10430


IPP - SKM -

Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial di SENTRA "PARAMITA" MATARAM

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • Bersedia mengikuti segala peraturan yang ditetapkan dalam sentra
  • Mekanisme Pelayanan yang diberikan dimulai dari aduan masyarakat, LSM, Orsos dan Dinas Sosial setempat, kemudian dilakukan penjangkauan berupa seleksi dan identifikasi dan melaksanakan tahap asesmen terhadap masalah dan kebutuhan klien. setelah melakukan tahap asesmen maka dilakukanlah pertemuan kasus (Case Conference) untuk menentukan apakah klien memenuhi syarat atau tidak untuk mendapatkan proses pelayanan dalam panti. Setelah klien dinyatakan diterima maka dilakukan proses penempatan di wisma yang sudah di tentukan dan mendapatkan proses pelayanan. hingga akhirnya tahap Terminasi, tahap ini adalah tahap akhir dimana klien sudah meninggal atau mereka yang sudah tidak mau menerima pelayanan lagi dan akan kembali ke keluarga.
30 Hari kerja

Tidak dipungut biaya
  • Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial





  • Komponen Layanan Atensi

    ·         Dukungan Pemenuhan Hidup Layak

    ·         Perawatan Sosial dan atau Pengasuhan Anak

    ·         Dukungan Keluarga

    ·         Terapi Fisik, Terapi Psikososial dan Terapi Mental Spiritual

    ·         Pelatihan Vokasional dan Pembinaan Kewirausahaan

    ·         Bantuan Sosial dan Asistensi Sosial

    ·         Dukungan Aksesibilitas

     

    Bentuk-Bentuk Layanan

    ·         Terapi Fisik, dilakukan dengan cara latihan terapeutik, pijat, urut, dan terapi elektronik, dukungan alat bantu, serta pelatihan dan terapi olahraga.

    ·         Terapi Psikosisal, merupakan kumpulan terapi - 12 - untuk mengatasi masalah yang muncul dalam interaksi PPKS dengan lingkungan sosialnya baik keluarga, kelompok, komunitas, maupun masyarakat. dilakukan dengan cara melakukan berbagai terapi untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan aspek kognisi, psikis, dan sosial, serta dukungan alat bantu

    ·         Terapi Mental Spiritual, merupakan terapi yang menggunakan nilai-nilai moral, spiritual, dan agama untuk menyelaraskan pikiran, tubuh, dan jiwa dalam upaya mengatasi kecemasan dan depresi. dilakukan dengan cara meditasi, terapi seni, ibadah keagamaan, dan/atau terapi yang menekankan harmoni dengan alam, serta dukungan alat bantu.

    ·         Pemberian Alat Mobilitas

    ·         Terapi Penghidupan, Pelatihan vokasional dan/atau pembinaan kewirausahaan merupakan usaha pemberian keterampilan kepada PPKS agar mampu hidup mandiri dan/atau produktif. dilakukan dengan cara pengembangan dan penyaluran minat, bakat, potensi, dan menciptakan aktivitas yang produktif, akses modal usaha ekonomi, bantuan kemandirian, bantuan sarana dan prasarana produksi, serta mengembangkan jejaring pemasaran.


    Pendekatan Pelayanan

    ·         Berbasis keluarga, bisa berupa Penguatan Keluarga untuk kemandirian PPKS, Home care. Perlindungan Sementara dan Layanan Kedaruratan/ Respon Kasus

    ·         Berbasis Komunitas, adalah strategi pengembangan komunitas yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas PPKS dalam komunitasnya. Komunitas adalah yang terdekat dengan keluarga penerima manfaat. Maka komunitas harus dikuatkan melalui LKS agar lebih sensistif dan responsif dalam mencegah dan menyelesaikan permasalahan yang dialami Penerima Manfaat.

    ·         Berbasis Residensial, adalah pilihan terakhir sebagai Rumah Aman/ Perlindungan Sementara bagi PPKS yang mengalami tindak kekerasan dll.

     

     

    Mekanisme pelaksanaan pelayanan terdiri atas tahapan:

    ·         a. fasilitasi akses;

    ·         b. pendekatan awal dan kesepakatan bersama;

    ·         c. asesmen komprehensif dan berkelanjutan;

    ·         d. perencanaan layanan sosial;

    ·         e. implementasi;

    ·         f. monitoring dan evaluasi; dan

    ·         g. pascalayanan dan terminasi

     

    Lama Layanan

    Jangka waktu pelaksanaan pelayana diberikan berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh Pekerja Sosial. Selain berdasarkan hasil asesmen, jangka waktu pelaksanaan ATENSI dapat diberikan berdasarkan hasil: a. konferensi kasus bekerja sama dengan tenaga profesional lainnya; dan/atau b. konferensi keluarga yang melibatkan keluarga. 

















    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial di SENTRA "PARAMITA" MATARAM"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    Penyaluran BLT-DD Untuk Bulan Agustus Desa Pejarakan

    Pemerintah Desa Pejarakan kembali merealisasi BLT-DD untuk bulan agustus 2022 kepada 175 KPM di Gor Wijaya Kusuma Desa Pejarakan.

    18/08/2022

    Andikpas LPKA Martapura Asah Skill Keterampilan Ecoprint Menggunakan Media Kain dan Daun

    Andikpas LPKA Martapura Asah Skill Keterampilan Ecoprint Menggunakan Media Kain dan Daun

    18/08/2022

    Kadin dan DPMPTSP Semarang Ajak Pengusaha Bandung Investasi di Semarang

    https://jateng.tribunnews.com/2022/07/29/kadin-dan-dpmptsp-semarang-ajak-pengusaha-bandung-investasi-di-semarang

    18/08/2022
    Lihat Lainnya

    Isu dan Keluhan

    Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial di SENTRA "PARAMITA" MATARAM"

    Layanan Terkait

    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei