Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

JL. Tunjungan no. 1 - 3 (60275) lantai 3 Gedung Ex-SIOLA Mal Pelayanan Publik 60275 03199001785
DPMPTSP Kota Surabaya dpm-ptsp.surabaya.go.id


IPP A- SKM 80.26

Izin Pendirian Satuan Pendidikan

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK : 570/1224/436.7.15/2022

  1. Surat permohonan mendirikan Sekolah Baru dari Ketua Yayasan / Perkumpulan / Badan Penyelenggara sesuai akta yayasan yang terakhir;
  2. Akta pendirian dan perubahan badan penyelenggara satuan pendidikan berbentuk badan hukum dan memperoleh pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
  3. Surat Pernyataan bermaterai 10.000 yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan / Perkumpulan / Badan Penyelenggara sesuai akta yayasan yang terakhir, yang berisi : 1. Pernyataan menaati peraturan perundang-undangan 2. Tidak akan menerima peserta didik sebelum izin penyelenggaraan terbit. 3. Bertanggung jawab mutlak atas data yang disampaikan
  4. Dokumen kepemilikan lahan atas nama Yayasan / Perkumpulan / Badan Penyelenggara sesuai akta yayasan dan SK Kemenhumham
  5. Status kepemilikan tanah sudah atas nama Yayasan / Perkumpulan / Badan Penyelenggara : Dokumen kepemilikan lahan atas nama Yayasan / Perkumpulan / Badan Penyelenggara sesuai akta yayasan
  6. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)/Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dengan fungsi bangunan sekolah/fasilitas pendidikan
  7. Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) Rekomendasi lalu lintas untuk sekolah/fasilitas pendidikan
  8. Rekom UKL-UPL (PKPLH)/Rekom AMDAL (SKKLH)/ Persetujuan Lingkungan
  9. Surat Keterangan tidak keberatan dari Ketua RT, Ketua RW setempat diketahui Lurah dan Camat
  10. Foto Ruang Kelas : 1. Minimum Kapasitas 3 rombongan belajar, sedangkan maksimum rombongan belajar adalah 27, 2. Kapasitas maksimum ruang kelas adalah 32 peserta didik , 3. Rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 15 orang, Luas minimum ruang kelas adalah 30 m2. Lebar minimum ruang kelas adalah 5 m. 4. Mempunyai jendela dan pintu 5. kursi siswa, meja siswa, kursi guru, meja guru, papan tulis, Lemari,
  11. Foto ruang perpustakaan : 1. Luas Perpus = Luas ruang kelas 2. Buku teks pelajaran, buku referensi, 3. Rak Buku, Rak Majalah, meja baca, kursi baca, Lemari Katalog peralatan multimedia
  12. Foto Laboratorium IPA : 1. kursi, meja peserta didik, meja demonstrasi, meja persiapan, 2. bak cuci, Lemari, 3. Globe, Model tata surya, Percobaan rangkaian listrik , Mikroskop monokuler , Model kerangka manusia , Model tubuh manusia , Gambar/model pencernaan manusia, Gambar/model sistem peredaran darah manusia , Gambar/model sistem pernafasan manusia , Gambar/model jantung manusia , Gambar/model mata manusia , Gambar/model telinga manusia , Gambar/model tenggorokan manusia, Alat pemadam kebakaran , Peralatan P3K, 4. Luas min kurang dari 20 orang = 48 m2
  13. Foto Ruang Kepala Sekolah/pimpinan : 1. Kursi, Meja, Lemari, Simbol Kenegaraan 2. Luas minimum ruang pimpinan 12 m2 dan lebar minimum 3 m
  14. Foto ruang guru ; 1. Luas minimum 48 m2 2. Kursi kerja , Meja kerja , Lemari , Papan pengumuman
  15. Foto tempat beribadah : 1. Luas minimum 12 m2. 2. Perlengkapan ibadah
  16. Foto Ruang Konseling 1. meja kerja, kursi kerja, kursi tamu, media pengembangan kepribadian, 2. Luas min = 9 m2
  17. Foto Ruang UKS ; 1. Luas minimum ruang UKS 12 m2. 2. Tempat tidur, meja, kursi, lemari, tandu, selimut, perlengkapan p3k
  18. Foto ruang organisasi kesiswaan 1. Luas minimum = 9 m2 2. Meja, kursi, papan tulis, lemari
  19. Foto jamban : 1. Kloset jongkok/duduk, tempat air/shower, gantungan pakaian 2. Luas min = 2 m2 3. keterangan : 1 unit jamban untuk 40 peserta didik pria, 1 unit jamban untuk 30 peserta didik wanita
  20. Foto gudang : Luas minimum 21 m2
  21. Foto Ruang Sirkulasi : Lebar minimum 1,8 m dan tinggi minimum 2,5 m
  22. Foto tempat bermain/berolahraga : 1. bendera Indonesia, tiang bendera, sarana olahraga 2. peserta didik kurang dari 334 orang yaitu dengan Luas =1000 m2
  23. Rencana Induk Pengembangan Satuan Pendidikan untuk Jangka waktu 5 tahun : a. visi, misi, tujuan, sasaran, program dan kegiatan b. kurikulum ; c. peserta didik; d. pendidik dan tenaga kependidikan; e. sarana dan prasarana; f. pendanaan; g. organisasi; h. manajemen satuan pendidikan; dan i. peran serta masyarakat
  24. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum : kerangka dasar meliputi Kelompok Mata Pelajaran, Prinsip Pengembangan Kurikulum , Prinsip pelaksanaan kurikulum, struktur kurikulum : Sesuai dengan permendiknas nomor 22 tahun 2006
  25. Beban belajar
  26. Kurikulum tingkat satuan pendidikan
  27. Kalender Pendidikan
  28. Tata Tertib Pembelajaran
  29. Silabus : meliputi identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar
  30. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
  31. Data Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga kependidikan dengan Rincian Nama, Alamat Domisili, NIK/No. SK IMTA, Pendidikan Terakhir dan Proyeksi Kerja
  32. SK Pengangkatan sebagai Kepala Sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan dari ketua yayasan, dilampiri ijazah sesuai dengan standar kualifikasi Pendidik dan Tenaga kependidikan.
  33. Data Instruktur dan Tenaga Administrasi dengan rincian nama, NIK/No. SK IMTA, alamat domisili, pendidikan terakhir dan proyeksi kerja
  34. Rekening atas nama Yayasan (Minimal nominal dana investasi Rp. 60.000.000,-) print rekening minimal 3 bulan terakhir.
  35. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) ditandatangani dan distempel pemohon
  36. Sumber Pendanaan : biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan modal kerja tetap
  37. Biaya Operasional : 1. gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji, 2. bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan 3. biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya
  38. Biaya Personal : biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

  1. Pemohon mengajukan permohonan izin sesuai persyaratan melalui website SSWALFA.
  2. Petugas pelayanan PTSP memverifikasi secara administrasi dan selanjutnya disampaikan ke PD Teknis
  3. PD Teknis melakukan verifikasi berkas permohonan hingga terbit Persetujuan Teknis dan disampaikan lagi ke DPMPTSP.
  4. DPMPTSP akan memverifikasi akhir kesesuaian Persetujuan Teknis dan Konsep SK/Rekom dan selanjutnya dilakukan penomeran, penandatanganan digital oleh Kepala Dinas hingga dilakukan pengarsipan.
  5. SK/Rekom dinyatakan selesai dan bisa dicetak secara mandiri oleh pemohon
Tidak dipungut biaya
  1. Izin Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan

Dinas Pendidikan

Alamat : Jalan Jagir Wonokromo No. 356 Surabaya Telp. (031) 8418904

Email / website : dispendik@surabaya.go.id


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Jl. Tunjungan No.1-3 Genteng (Ex-Gedung Siola Lt.3) Surabaya 60275

Alamat: Jl. Tunjungan No.1-3 Genteng (Ex-Gedung Siola Lt.3) Surabaya 60275

Email / website : dpm-ptsp@surabaya.go.id

Layanan Pengaduan MEDIA CENTER
Hotline : +6231 545-6290
Toll Free : +62-800-1404122
Email : mediacenter.surabaya.go.id
Instagram : @sapawarga
Twitter : @sapawarga
facebook fanpage : sapawargasby
Foto SK - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Dokumen SK - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  1. 1231 LH-20220815151726.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1231/436.7.15/2022
  2. 1232 Disbudporpar-20220815154004.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1232/436.7.15/2022
  3. 1224 Dispendik-20220815154151.pdf | Tanggal SK: 07/03/2022 | Nomor SK: 570/1224/436.7.15/2022
  4. 1233 Dishub-20220815154628.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1233/436.7.15/2022
  5. 1234 SDABM-20220815154755.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1234/436.7.15/2022
  6. 1236 BPBD-20220815160511.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1236/436.7.15/2022
  7. 1237 DPKP-20220815160754.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1237/436.7.15/2022
  8. 1238 DPRKP-20220815160914.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1238/436.7.15/2022
  9. 1227 Dinsos-20220815161436.pdf | Tanggal SK: 07/03/2022 | Nomor SK: 570/1227/436.7.15/2022
  10. 1228 Dinkopdag-20220815161542.pdf | Tanggal SK: 07/03/2022 | Nomor SK: 570/1228/436.7.15/2022
  11. 1229 Disperinaker-20220815162556.pdf | Tanggal SK: 07/03/2022 | Nomor SK: 570/1229/436.7.15/2022
  12. 1225 Dispursip-20220815163845.pdf | Tanggal SK: 07/03/2022 | Nomor SK: 570/1225/436.7.15/2022
  13. 1226 Bakesbangpol-20220815164018.pdf | Tanggal SK: 07/03/2022 | Nomor SK: 570/1226/436.7.15/2022
  14. 1240 Dinkes-20220816075503.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1240/436.7.15/2022
  15. 1235 BPKAD-20220816075608.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1235/436.7.15/2022
  16. 1239 DPKP-20220818113222.pdf | Tanggal SK: 08/03/2022 | Nomor SK: 570/1239/436.7.15/2022
  17. SK PERIZINAN BERUSAHA-20220831145826.pdf | Tanggal SK: 03/08/2022 | Nomor SK: 570/1241/436.7.15/2022
Berikan Rating

Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Izin Pendirian Satuan Pendidikan"

Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

Berita Instansi

Camat Buleleng Dampingi Pj Bupati Buleleng Dalam Penyaluran Sembako di 2 Kelurahan Wilayah Kecamatan Buleleng

Serangkaian HUT Ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2022 di Kabupaten Buleleng, Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa menyalurkan bantuan sembako di 2 Kelurahan wilayah

01/12/2022

Selamat Hari Korpri ke-51

Pemerintah Kecamatan Buleleng mengucapkan Selamat Hari Korpri ke-51 Mari jadikan momentum ini untuk selalu menjadi abdi negara yang profesional dan berintegritas serta selalu melayani bangsa tercinta ini "KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi un

01/12/2022

Rapat Antisipasi Terjadinya Bencana

Bertempat di Ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Kepala Seksi Trantib dan Pol PP Kecamatan Buleleng Amin Rois,S.Hut Selasa (28/11), Seijin Camat Buleleng menghadiri dan mengikuti acara rapat Kesiapsiagaan Bencana yang diselenggarakan oleh BPBD

01/12/2022
Lihat Lainnya

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Izin Pendirian Satuan Pendidikan"

Layanan Terkait

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei