Sampling Kualitas Lingkungan Air Limbah & Air Badan Air (Sungai)

No. SK: HK.02.03/XI.6/3820/2024 SK Ka BLKM Manado ttg Peru

  1. Pelanggan mengkonfirmasi Permintaan Pemeriksaan Sampel Udara ke WA Pelayanan BLKM Manado pada nomor 082196653103 dengan melampirkan Surat Permohonan Sampling dari pelanggan.
  2. Pengambilan Sampel wajib dilakukan oleh petugas BLKM Manado.
  3. Pelanggan yang datang langsung wajib memakai Name Tag Warna Merah Khusus Penerimaan Layanan Laboratorium.
  4. Mengisi Formulir Registrasi yang berisikan nama lengkap (sesuai KTP), Nomor Telepon/WA PIC (aktif)
  5. Pelanggan diwajibkan menyediakan akomodasi berupa hotel / penginapan di lokasi sekitar tempat pengambilan sampel.
  6. Melakukan pembayaran biaya petugas pengambil contoh uji sesuai surat Penawaran yang disampaikan BLKM Manado ke Pelanggan.

  1. Pelanggan Mengirimkan Surat permohonan sampling melalui Whatsapp / Email / datang langsung ke bagian pelayanan BLKM Manado
  2. Pelanggan Menerima Informasi Harga paling lambat 5 hari kerja setelah surat permohonan diterima
  3. Pelanggan Menyetujui Informasi Harga dalam waktu 5 hari setelah informasi harga diterima, jika tidak memberikan persetujuan maka dianggap membatalkan kegiatan.
  4. Pelanggan akan Menerima Jadwal kegiatan sampling melalui Whatpps.
  5. Pelanggan Wajib membayar biaya petugas pengambil sampel berupa Uangh Harian, Biaya Transportai dan menyediakan akomodasi penginapan sebelum kegiatan dilaksanakan
  6. Petugas melakukan pengambilan dan pemeriksaan sampel sesuai kriteria/ Parameter di lapangan
  7. Setelah pelaksanaan kegiatan dilapangan berakhir maka Petugas Sampling BLKM Manado Mendaftarkan Sampel ke Pelayanan BLKM Manado.
  8. Pelanggan Menerima Billing pembayaran dari petugas layanan BLKM Manado dan melakukan pembayaran melalui bank (Teller/ATM/Internet Banking)/pos atau melalui toko retail (indomart/alfamart/dll) maksimal 1 x 24 Jam setelah registrasi contoh uji.
  9. Pelanggan mengirimkan bukti Pembayaran melalui Whatsapp Layanan BLKM Manado.
  10. Petugas Layanan BLKM Manado melakukan Validasi pembayaran.
  11. Setelah terkonfirmasi telah melakukan pembayaran,Sampel Air Limbah atau Air Badan Air/Air Sungai siap dilakukan pemeriksaan di Laboratorium BLKM Manado dan hasil Pemeriksaan Sampel akan dikeluarkan kurang lebih 14 hari kerja
  12. Jika Lembar Hasil Uji (LHU) telah terbit, maka Pelanggan akan dihubungi oleh Petugas Layanan Labkesmas Manado melalui nomor telepon (0431) 7110022 untuk pengambilan LHU di Kantor Labkesmas Manado atau mendapatkan pesan Whatsapp dari nomor Pelayanan Labkesmas Manado dengan nomor 082196653103 dengan lampiran dokumen elektronik berupa Lembar Hasil Uji (LHU)

Waktu 14 Kerja Terhitung sejak Sampel atau Contoh Uji Air Minum telah diterima oleh petugas Layanan dan Pengguna Layanan telah Melakukan Pembayaran serta melakukankonfirmasi Pembayaran ke petugas layanan Labkesmas Manado Metode pembayaran dapat dilihat pada tautan berikut ini : https://tinyurl.com/CaraBayarBLKMMDO 

Tarif Beragam disesuaikan dengan Aturan tarif menurut Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2024 Tentang Jenis Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkup Kementerian Kesehatan RI Kesesuaian Daftar harga dapat dilihat pada tautan berikut : https://tinyurl.com/daftarhargaprglayBLKMMdo

Lembar Hasil Uji (LHU)

Secara Langsung dapat melalui :

  1.  Datang Langsung ke Meja pengaduan di Kantor Labkesmas Manado dan Menemui Petugas Pengaduan Masyarakat.
  2. Mengisi Formulir Pengaduan di meja Pengaduan dan bisa juga Mengisi Formulir dalam Kotak Saran yang tersedia

Secara Tidak Langsung Dapat melalui : 

  1. Nomor telepon kantor 0431 7110022 
  2. Chatting Whatsapp Pelayanan Labkesmas Manado melalui nomor 082196653103.
  3. Email : dumasblkmmanado@gmail.com
  4.  Website SP4N Lapor! dengan tujuan instansi Lapor "Kementerian Kesehatan"pada tautan link berikut ini : https://www.lapor.go.id/

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store