Pelayanan Pengawasan Penyediaan Air Bersih

  1. Surat Permohonan Penerbitan Sertifikat Air Bersih
  2. Formulir pemeriksaan

  1. Pengguna jasa membuat permohonan penerbitan sertfikat air bersih
  2. Petugas menjadwalkan kunjungan dan menginformasikan kepada Airlines terkait jadwal kunjungan pemeriksaan penyediaan air
  3. Menyiapkan Peralatan/ perlengkapan Pemeriksaan Penyediaan air
  4. Melakukan kunjungan lokasi untuk memeriksa parameter lapangan dan pengambilan sampel
  5. Mengirimkan sampel ke laboratorium yang terakreditasi untuk pengujian Fisika, Kimia dan
  6. Mengambil hasil pengujian dari laboratorium
  7. Menganalisis Hasil pengujian laboratorium dan hasil Pemeriksaan Sarana Penyediaan air
  8. Menganalisa hasil uji terhadap kesesuaian dengan persyaratan permenkes 416 tahun 1990 dan 492
  9. Membuat Surat Rekomendasi Perbaikan Penyediaan air
  10. Mereview Surat Rekomendasi Perbaikan Penyediaan air
  11. Menandatangani rekomendasi perbaikan Perbaikan Penyediaan air
  12. Membuat Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan
  13. Menerbitkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan
  14. Pengguna jasa membayar billing PNBP yang telah dibuat oleh petugas
  15. Meregistrasi Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan
  16. Menyerahkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Ke Airlines
  17. Petugas melakukan pelayanan sesuai Panduan Interaksi Pelayanan Publik
  18. Tidak menerima Gratifikasi dalam bentuk apapun dan Petugas menghindari segala bentuk Benturan Kepentingan

1 jam 30 menit (hasil laboratorium 7-14 hari kerja)

Tarif PNBP berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 045 Tahun 2024, yaitu:

Jasa Pemeriksaan dalam rangka Penerbitan Sertifikat Kualitas Air Rp. 50.000,-

sertifikat kualitas air

Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via:

1.         Telepon: 022 – 4219305

2.         Hotline (WA): 0812 - 9999 – 1023

3.         Website: balaikarkesbandung.kemkes.go.id

4.         Email: balaikarkesbandung@kemkes.go.id

5.         Kanal pengaduan SP4N-LAPOR! :

a.         website: www.lapor.go.id

b.         aplikasi android/iOS: SP4N-LAPOR!


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Pengawasan Penyediaan Air Bersih"