Persetujuan Berlayar

No. SK: KP-KSOPU.TPr 48 Tahun 2024

  1. Surat Permohonan
  2. Dokumen Kapal
  3. Kwitansi Pembayaran (Kode Billing)
  4. Surat Pernyataan Nakhoda
  5. Daftar Manifest Muatan

  1. Pemohon mengajukan surat permohonan Penerbitan Sertifikat Pengawakan Minimum (Safe Manning) dengan melampirkan persyaratan ke loket pelayanan
  2. Petugas melakukan verifikasi terhadap persyaratan tersebut, apabila tidak memebuhi persyaratan maka berkas akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi kembali
  3. Apabila sudah mendapatkan persetujuan, pemohon akan menerima pemberitahuan untuk melakukan pembayaran dan melakukan proses pembayaran PNBP melalui Bank/ATM/Online;
  4. Petugas menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar;
  5. Pemohon menerima Surat Persetujuan Berlayar secara langsung/ via Download

45 (Empat Puluh Lima) Menit

A. Tambat Kapal Luar Negeri

1.  Kelas I = per GT per Etmal Rp. 713,-;

2.   Kelas II = per GT per Etmal Rp. 660,-;

3.   Kelas III = per GT per Etmal Rp. 594,-;

B. Tambat Kapal Dalam Negeri

1.   Kelas I = per GT per Etmal Rp. 46,-;

2.   Kelas II = per GT per Etmal Rp. 42,-;

3.   Kelas III = per GT per Etmal Rp. 38,-;

C. Tambat Kapal Pelayaran Rakyat

1.   Kelas I = per GT per Etmal Rp. 23,-;

2.   Kelas II = per GT per Etmal Rp. 21,-;

3.   Kelas III = per GT per Etmal Rp. 19,-;

D. Jasa Dermaga Barang Ekspor & Impor

1.   Kelas I = per Ton per Etmal Rp. 700,-;

2.   Kelas II = per Ton per Etmal Rp. 600,-;

3.   Kelas III = per Ton per Etmal Rp. 500,-;

E. Jasa Dermaga Barang selain kebutuhan Pokok

1.   Kelas I = per Ton per Etmal Rp. 500,-;

2.   Kelas II = per Ton per Etmal Rp. 400,-;

3.   Kelas III = per Ton per Etmal Rp. 300,-;

F. Jasa penggunaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) atau Uang Rambu

1.   Kapal Angkutan Laut Luar Negeri = per GT per 30 Hari USD 0.034,-;

2.   Kapal Angkutan Dalam Negeri = per GT per 30 Hari Rp. 250,-;

3.   Kapal Pelayaran Rakyat = per GT per 30 Hari Rp. 125,-;

4.   Kapal Angkutan Penyeberangan dalam Negeri = per GT per 30 Hari Rp. 250,-;


Surat Persetujuan Berlayar

1. Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak

2. Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via:

a.   Telepon: 08113061858

b.   E-mail: ksoputama_tgperak@kemenhub.go.id      

Kanal pengaduan layanan Kemenhub: 151
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Surat Persetujuan Berlayar

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Persetujuan Berlayar"