Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (Lapor SP4N)

  1. Aspirasi dan pengaduan dari masyarakat, laporan lengkap (detail dan data dukung)
  2. Aspirasi dan pengaduan dari masyarakat yang telah didisposisi oleh admin pusat

  1. Masyarakat mengirimkan aspirasi dan pengaduan melalui berbagai kanal/ media yang tersedia
  2. Admin instansi (Kabupaten) memverifikasi dan mendisposisikan laporan, jika laporan tersebut ke Pejabat Penghubung (perangkat daerah kabupaten) jika tidak sesuai kewenangan dikembalikan ke admin pusat
  3. Pejabat penghubung memberikan respon awal pengaduan jika laporan tersebut sesuai kewenangan, jika tidak sesuai kewenangan berkoordinasi dan dikembalikan ke admin Kabupaten yang selanjutnya diteruskan kepada pemda yang berwenang
  4. Jawaban laporan diterima oleh masyarakat
  5. Admin instansi dan pejabat penghubung memantau laporan apabila ada tanggapan dari pelapor maupun laporan selesai yang telah diterima masyarakat
  6. Ombudsman, melaksanakan tindak lanjut bagi laporan yang tidak diproses lebih lanjut setelah mencapai batas waktu ditentukan

Permintaan informasi dan pengaduan yang bersifat normatif dalam 5 (lima) hari kerja

Pengaduan yang tidak berkadar pengawasan selambat-lambatnya dalam 14 (empat belas) hari kerja

Pengaduan berkadar pengawasan dan memerlukan pengawasan lapangan selambat-lambatnya dalam 60 (enam puluh) hari kerja

Tidak dipungut biaya

Layanan Aspirasi dan pengaduan yang telah terdisposisi ke pejabat penghubung

Website lapor.go.id

SMS TANATIDUNG ke 1708

Mobile Android dan IOS SP4N LAPOR!

Email: organisasi.tanatidung@gmail.com

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (Lapor SP4N)"