Pelayanan Pertolongan Persalinan Normal

No. SK: 188/02/K/411.303.20/2024

  1. Membawa KTP/KK/KIS/Kartu Pengunjung dan Buku KIA

  1. 1. Pasien datang langsung menuju Ruang Persalinan, Cuci tangan pakai sabun
  2. 2. Dilakukan Skrening / Penapisan Persalinan a. Jika ada satu saja jawaban “YA” maka pasien dirujuk b. Jika Semua jawaban “TIDAK” maka dilanjutkan persetujuan tindakan medis
  3. 3. Dilakukan penandatanganan persetujuan tindakan medis
  4. 4. Dilakukan Asuhan Persalinan Normal dan Bayi Baru Lahir Normal a. Jika ada masalah maka ibu/bayi dirujuk b. Jika tidak ada masalah maka dilakukan pemantauan selanjutnya
  5. 5. Pemantauan Masa Nifas dan Bayi Baru Lahir 24 jam setelah persalinan a. Jika ada masalah, maka pasien dirujuk b. Jika tidak ada masalah, pasien/keluarga melengkapi administrasi
  6. 6. Pasien/Keluarga melengkapi Administrasi
  7. 7. Pasien Pulang

Primigravida 2 jam dari Pembukaan Lengkap Bayi harus sudah lahir

Multigravida 1 jam dari Pembukaan lengkap bayi harus sudah lahir

Boleh Pulang minimal 24 Jam Sesudah Persalinan dan Tidak ada masalah ibu dan/atau bayi


Pasien BPJS : Gratis

Pasien Umum :

Retribusi Persalinan : Rp. 800.000

Observasi Persalinan : Rp. 150.000

Hecthing perineum derajat 1 : Rp. 30.000

Tindakan HPP : Rp. 500.000,-

Tindakan Plasenta Manual : Rp. 450.000,-

Pelayanan bayi baru lahir (tanpa penyulit) ; Rp. 50.000,-

Tindakan Pra Rujukan : Rp. 180.000,-

Stabilitasi PEB Pra Rujukan : Rp. 180.000,-

Observasi Inpartu per hari (pada pasien yg ternyata

dirujuk) : Rp. 150.000,-

Rujukan pasien Umum : sama dengan rujukan UGD

Pertolongan Persalinan Normal dan Pelayanan Bayi Baru Lahir Normal

1.     Pengaduan, saran dan masukan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Tata Usaha Puskesmas Jatikalen, Jl. Raya Jatikalen No. 21 Ds. Jatikalen Kec. JATIKALEN Kab. Nganjuk, Kode Pos 64392, atau

2.     Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung melalui :

a.     Website : -

b.     Telpon, Wa atau SMS Pengaduan Nomor : 081335747177

c.     Telepon Puskesmas : (0358) 5501477

d.     Email : pkmjatikalen@gmail.com

e.     Facebook : Puskesmas Jatikalen

f.      Instagram : @puskesmasjatikalen

g.     Tik Tok : : @puskesmasjatikalen

h.     Kotak Saran

i.       Langsung ke Petugas


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Pertolongan Persalinan Normal"