Pelayanan Imunisasi

No. SK: 800/031.a/14.13

  1. Melakukan pendaftaran di loket pendaftaran atau membawa rujukan internal dari unit layanan terkait
  2. Rekam medis elektronik pasien pada aplikasi e-puskesmas

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian
  2. Petugas mempersilahkan pasien masuk
  3. Petugas melakukan identifikasi pasien
  4. Petugas merencanakan imunisasi yang akan diberikan dengan melihat status imunisasi di buku Pink KIA pasien
  5. Petugas menanyakan keadaan kesehatan pasien saat ini kepada orang tuanya dan melakukan pemeriksaan fisik (mengukur BB dan suhu tubuh)
  6. Petugas memberikan KIE tentang efek samping imunisasi dan cara penanganannya
  7. Apabila anak dalam keadaan sakit petugas memberitahu orang tua pasien agar menunda pelaksanaan imunisasi dan akan dirujuk ke ruang pelayanan anak
  8. Apabila anak dalam keadaan sehat tetapi dengan berat badann kurang petugas akan memberikan imunisasi dan setelah itu akan dirujuk ke ruang konsultasi gizi
  9. Apabila anak dalam keadaan sehat petugas akan menyiapkan imunisasi yang akan diberikan
  10. Petugas menjelaskan kepada orang tua anak tentang tindakan imunisasi yang akan diberikan dan efek samping imunisasi
  11. Petugas mencatat di buku pink KIA
  12. Petugas menyiapkan alat dan vaksin
  13. Petugas mempersilahkan orang tua untuk duduk dengan posisi rileks dengan memangku anaknya/menidurkan anaknya di kasur
  14. Petugas memberikan tindakan imunisasi sesuai catatan pemberian imunisasi
  15. Petugas melakukan penanganan reaksi KIPIIjika terjadi KIPI
  16. Petugas menginformasikan jadwal kunjungan imunisasi berikutnya

Waktu yang dibutuhkan pasien sejak dipanggil petugas imunisasi untuk masuk ruangan hingga pasien selesai dilayani dan keluar ruangan imunisasi

Pasien BPJS : gratis
Pasien umum :
injeksi : 5000

Imunisasi dasar bagi bayi dan balita (BCG , OPV, IPV, DPT-HB-HiB, PCV, Rotavirus, MR); Imunisasi bagi anak sekolah (DT, Td, HPV); Imunisasi Td bagi WUS

1. Kotak Saran

2. Petugas di Meja Customer Service

3. IG : Puskesmas Manisrenggo

4. WA 085803781749

5. Google review


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store