Standar Pelayanan Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap

No. SK: 445/199.1/RSUD/OKUS/2024

  • Asuhan Gizi Rawat Inap
    1. Rekam medis pasien
    2. Hasil assesment Skrining gizi pasien rawat inap dengan skor 2 2
  • Asuhan Gizi Rawat Jalan
    1. Pasien rujukan Poli Rawat Jalan : Form Rujukan Pasien dari dokter poli yang merujuk

  • Skrining Gizi
    1. Tahapan pelayanan gizi rawat inap diawali dengan skrining gizi 1x24 jam yang dilakukan oleh perawat ruang rawat inap dan dilakukan validasi oleh ahli gizi
    2. Bila hasil skrining menunjukan pasien beresiko malnutrisi (skor 2 untuk dewasa, anak dan geriatri, dan adanya 1 indikasi untuk neonatus) akan dilanjutkan dengan langkah-langkah Proses Asuhan Gizi Terstandar (PACT) oleh ahli gizi klinik
    3. Untuk pasien dengan hasil skrining gizi < 2 maka tidak dilakukan Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) dan hanya diberikan edukasi/motivasi gizi serta 7 hari kemudian dilakukan skrining gizi ulang
  • Assesment Gizi
    1. Ahli gizi melakukan assesment pada pasien dengan hasil skorskrining gizi awal 2 (Pasien rawat inap) untuk pasien dewasa, anak dan geriatri
    2. Ahli gizi melakukan assesment pada pasien meliputi data Antropometri, Biokimia, FisiWKlinis dan Riwayat makan
    3. Ahli gizi mendata masalah gizi berdasarkan hasil assesment pasien untuk kemudian akan dilanjutkan dengan penentuan diagnosa gizi
  • Diagnosa Gizi
    1. Ahli gizi mengumpulkan data berdasarkan hasil assesment dan menentukan diagnosa gizi berdasarkan pengelompokannya yaitu Domain asupan (NI), domain Perilaku/behavuior (NB)
    2. Ahli Gizi menentukan diagnosa gizi secara terstruktur berdasarkan konsep PES (Problem, Etiologi DAN Signs/Symptoms)
    3. Ahli Gizi menentukan Diagnosa Gizi yang akan dipakai sebagai acuan dalam tahap selanjutnya yaitu memberikan intervensi gizi
  • D. Intervensi Gizi
    1. Ahli Gizi melakukan perencanaan intervensi gizi berdasarkan diagnosa gizi yang telah ditegakkan
    2. Ahli gizi melakukan perencanaan intervensi yang didalamnya meliputi penetapan tujuan intervensi, preskripsi diet, jenis diet, modifikasi diet, jadwal pemberian diet dan jalur makanan
    3. Ahli Gizi melakukan implementasi gizi berdasarkan hasil dari perencanaan intervensi berupa pemberian makanan (pasien rawat jnap), edukasi gizi, konseling dan koordinasi dengan tenaga kesehatan lain
  • Monitoring dan Evaluasl Gizi
    1. Ahli gizi mengumpulkan informasi yang diperlukan mengenai perkembangan dan kondisi pasien dengan cara bertanya kepada pasien/keluarga serta membaca buku rekam medis pasien meliputi hasil : laboratorium, tekanan darah, keluhan dan gejala serta ada tidaknya komplikasi

Jangka waktu pelayanan 15 - 20 menit

Sesuai dengan Peraturan Bupati dan Peraturan Direktur tentang tarif yang berlaku serta Tarif lainnya sesuai Peraturan yang berlaku

Edukasi / Konseling Gizi

1. Secara Langsung

2. Kotak Saran

3. Telepon

4. SMS/WA

5   5. Email

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap"