Pelayanan kesehatan keluarga

No. SK: 400.7.1/04/ PKM SKW BARAT II /TAHUN 2023

  • Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan Pelayanan Kesehatan Keluarga (PIS PK)
    1. Melakukan Identifikasi Kebutuhan Masyarakat
    2. Melakukan Analisis identifikasi kebutuhan masyarakat
    3. Membuat perencanaan RUK dan RPK
    4. Membuat jadwal kegiatan
    5. Melakukan sosialisasi kegiatan dengan lintas program/sektor dan tokoh agama/masyarakat
    6. Melakukan kegiatan sesuai jadwal kegiatan

  • Prosedur yang dilakukan dalam kegiatan Pelayanan Kesehatan Keluarga, meliputi :
    1. 1. Identifikasi kebutuhan masyarakat 2. Analisis identifikasi kebutuhan masyarakat 3. Membuat perencanaan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) 4. Membuat Jadwal Kegiatan 5. Mensosialisasikan kegiatan kepada lintas sektor, lintas program, tokoh agama, dan tokoh masyarakat 6. Pelaksanaan kegiatan 7. Melakukan umpan balik hasil kegiatan 8. Melakukan evaluasi kegiatan 9. melakukan rencana tindak lanjut kegiatan

Pelayanan kesehatan keluarga melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di puskesmas bertujuan untuk meningkatkan kesehatan keluarga secara menyeluruh dengan pendekatan berbasis keluarga. Jangka waktu penyelesaian dalam pelayanan ini bervariasi tergantung pada jenis kegiatan dan cakupan program. Berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Kegiatan Harian/Mingguan: Seperti kunjungan rumah oleh tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dasar atau penyuluhan kepada keluarga, yang biasanya memerlukan waktu satu hari atau beberapa jam per kunjungan.

  2. Program Bulanan: Meliputi pemantauan kesehatan keluarga secara berkala, seperti pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, serta pemantauan kasus kronis, yang dilakukan setiap bulan untuk memastikan keluarga mendapatkan perhatian yang dibutuhkan.

  3. Program Jangka Panjang: Seperti intervensi untuk perbaikan kesehatan keluarga secara menyeluruh, yang melibatkan berbagai kegiatan seperti penyuluhan, dukungan kesehatan, dan pemantauan jangka panjang. Program ini dapat memerlukan waktu beberapa bulan hingga satu tahun untuk melihat perubahan yang signifikan dalam kesehatan keluarga.


Tidak dipungut biaya

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Penanganan pengaduan di UPT Puskesmas Singkawang Barat II dapat dilakukan melalui kotak saran, media sosial (facebook dan Instagram), whastapp dan SMS

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan kesehatan keluarga"