Pelayanan Instalasi Gawat Darurat

No. SK: 007/SK/PKM-PNC/2023

  1. Pasien datang ke IGD
  2. Pasien dijemput ke lokasi kejadian oleh Petugas PSC

  1. Petugas wajib memenuhi protokol kesehatan dan menggunakan alat pelindung diri (APD)
  2. Petugas wajib mempertimbangkan aspek keamanan petugas sebelum memberikan pertolongan
  3. Petugas melakukan triase pada pasien jika pasien lebih dari 1 orang secara bersamaan
  4. Petugas (medis & paramedis) UGD melakukan tindakan support life (penyelamatan jiwa) jika dalam kondisi gawat darurat dan pemeriksaan vital sign jika tidak dalam kondisi gawat darurat
  5. Petugas melakukan anamnesis
  6. Melakukan rujukan ke bagian Laboratorium, Poliklinik KIA dan Poliklinik Gigi jika diperlukan
  7. Petugas medis & paramedis UGD menerima hasil rujukan (KIA, Poliklinik Gigi, Laboratorium) dan menganalisis hasil rujukan
  8. Petugas medis (dokter) menentukan diagnosis medis
  9. Petugas memberikan terapi / tindak lanjut yang sesuai
  10. Petugas medis dan paramedis di UGD melaksanakan pencatatan dan penyimpanan terhadap hasil pemeriksaan, tindakan dan teraphy
  11. Setelah kondisi sudah stabil/terkendali maka petugas UGD memastikan identitas pasien melalui tanda pengenal (KTP, KK, SIM, Kartu BJS atau alat identitas lainnya
  12. Petugas UGD menyiapkan rujukan via Ambulance jika kondisi pasien memburuk atau membutukan tindakan medis lebih lanjut

3 Jam

Permenkes Nomor 3 Tahun 2023 tentang standar tarif pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan

Peraturan Daerah Kabupaten Barru Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah


Tindakan Medis Gawat Darurat (Life Support), Pelayanan 24 jam, Rujukan, Layanan Ambulance

Kontak Pengaduan

a.     Kotak Saran

b.     Petugas Pengelola Pengaduan

Informasi Kegiatan Puskesmas

a.     Facebook    :    Puskesmas Pancana

b.     Instagram    :    puskesmaspancanaok

Pendaftaran Berobat
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Instalasi Gawat Darurat"