A. Jangka Waktu Penyelesaian
1. Waktu pemeriksaan umum (10-15 menit)
2. Waktu tindakan (15-30 menit)
Prosedur tindakan :
1. Petugas memanggil pasien sesuai nomer urut di aplikasi pelayanan kesehatan
2. Petugas melakukan identifikasi pasien sesuai dengan identitas nama, usia/alamat dalam aplikasi pelayanan kesehatan.
3. Petugas akan membantu pasien untuk konfirmasi ulang ke ruang pendaftaran jika identitas nama, usia/alamat pasien tidak sesuai
4. Petugas melakukan anamnesa penyakit (keluhan utama)
5. Petugas melakukan pemeriksaan vital sign
6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik pasien sesuai kebutuhan
7. Petugas melakukan rujukan internal ke unit layanan lainnya untuk pemeriksaan penunjang atau konsultasi bila ada indikasi.
8. Petugas menegakkan diagnosa berdasarkan hasil anamnesa, pemeriksaan vital sign, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang (jika dilakukan)
9. Petugas kesehatan/paramedis konfirmasi kepadabila melakukan pengulangan untuk mencegah pengulangan yang tidak perlu
10. Petugas dapat memberikan tindakan medis kepada pasien, bila ada indikasi.
11. Petugas dapat memberikan rujukan ke pelayanan kesehatan yang lebih tinggi bila ada indikasi
12. Petugas dapat mengkaji ulang anamnesa, vital sign dan pemeriksaan fisik pasien untuk mendiagnosa ulang penyakit pasien berdasarkan hasil pemeriksaan penunjang/hasil konsultasi sub unit lain/hasil tindakan yang telah diberikan, bila diperlukan.
13. Petugas memberikan terapi sesuai dengan diagnose yang ditegakkan sesuai standar
14. Petugas memberikan resep dan nota pembayaran untuk dibawa ke kasir dan ke apotek jika diperlukan.
15. Petugas mendokumentasikan dalam aplikasi pelayanan kesehatan semua hasil anamnesa, pemeriksaan, diagnosa, Tindakan, edukasi dan terapi/rujukan yang telah dilakukan.
1. Peraturan daerah Kabupaten Klaten Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
NO. |
PELAYANAN |
TARIF (Rp) |
I |
Pengobatan Umum/Konsultasi |
|
1 |
Rawat jalan umum/Konsultasi |
10.000 |
2 |
Konsultasi Gizi, sanitasi, laktasi |
5.000 |
3 |
Pemeriksaan kesehatan Haji |
50.000 |
4 |
Rawat darurat |
20.000 |
II |
Tindakan THT |
|
1 |
Toilet hidung/pembersihan kotoran |
30.000 |
2 |
Toilet Telinga/pembersihan kotoran |
30.000 |
3 |
Tampon antiseptik/adrenalin |
30.000 |
4 |
Medikasi post op minor & kecil |
20.000 |
5 |
Spoeling dari suction telinga |
30.000 |
6 |
Pengangkatan corpus telinga |
30.000 |
7 |
Pengangkatan cerumen yang sulit |
50.000 |
III |
Tindakan Medis dan Terapi |
|
1 |
Debridemen luka |
25.000 |
2 |
Jahit luka 1-3 jahitan |
50.000 |
3 |
Jahit luka 4-10 jahitan |
70.000 |
4 |
Jahit luka > 10 jahitan |
100.000 |
5 |
Tindik daun telinga |
20.000 |
6 |
Lepas jahitan 1-5 |
5.000 |
7 |
Lepas jahitan 5-10 |
5.000 |
8 |
Lepas jahitan > 10 jahitan |
5.000 |
9 |
Insisi/Exsisi |
50.000 |
10 |
Ekstaksi kuku |
70.000 |
11 |
Ekstraksi corpusalienum |
50.000 |
12 |
Perawatan luka gigitan binatang |
25.000 |
13 |
Perawatan luka bakar <10> |
30.000 |
14 |
Perawatan luka bakar > 10% tidak komplek |
50.000 |
15 |
ATS (Anti Tetanus Serum) |
130.000 |
16 |
Pengangkatan benda asing dengan sayatan ringan |
70.000 |
17 |
Pasang kateter (tidak termasuk kateter) |
25.000 |
18 |
Pasang infus pada dewasa |
15.000 |
19 |
Pemasangan infus pada anak termasuk fiksasi |
20.000 |
20 |
Pemakaian nebulizer |
50.000 |
21 |
Injeksi |
5.000 |
22 |
Skin test |
10.000 |
23 |
Pemasangan spalk |
30.000 |
24 |
Pemasangan 02 (belum termasuk O2) |
20.000 |
25 |
Penggunaan O2 per jam |
10.000 |
|
Home care (D3 Akper) |
|
26 |
Partial |
40.000 |
27 |
Intermediate |
85.000 |
28 |
Total Care |
120.000 |
|
Home care (Profesional/Nurse) |
|
29 |
Partial |
50.000 |
30 |
Intermediate |
90.000 |
31 |
Total Care |
130.000 |
32 |
Pemasangan Nasagosric Tube (NGT) |
70.000 |
33 |
Pelepasan NGT |
15.000 |
34 |
Tindakan pra rujukan |
125.000 |
35 |
Pemasangan kateter (dengan kateter) |
60.000 |
36 |
Pelepasan kateter |
15.000 |
37 |
Penanganan kejang |
70.000 |
38 |
Penanganan syok anafilaksi |
75.000 |
|
|
|
IV |
Penunjang Diagnostik |
|
1 |
Spirometer |
30.000 |
2 |
EKG |
40.000 |
2. Pasien Peserta BPJS
Sesuai dengan Perpres No. 52 Tahun 2016 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan (Biaya Gratis).
konsultasi dokter
1. Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik dan Website Puskesmas Cawas II.
2. SMS Center Puskesmas/WA : 0896Kotak Saran
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.
Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store