Pelayanan Gawat Darurat

  1. Pasien dengan kondisi gawat darurat dapat langsung mendapatkan tindakan perawatan di ruang tindakan pada saat jam kerja.

  1. pasien datang ke Puskesmas dan mendaftarkan di pendaftaran

1.     Setelah skreening oleh petugas, pasien gawat darurat langsung dibawa ke ruang tindakan

2.     Keluarga atau penanggungjawab mendaftarkan pasien

3.     Petugas melakukan kajian

4.     Petugas melakukan pemeriksaan dan tindakan medis yang sesuai

5.     Petugas melakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan

6.     Petugas mengentry hasil pemeriksaan pada aplikasi pelayanan kesehatan

7.     Petugas memberikan nota/resep untuk ke kasir dan apotik

8.     Pasien pulang

9.     Petugas memberikan rujukan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi/lanjutan jika diperlukan


1.  Pasien Umum

Peraturan daerah Kabupaten Klaten Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

NO.

PELAYANAN

TARIF (Rp)

I

Pengobatan Umum/Konsultasi

 

1

Rawat jalan umum/Konsultasi

          10.000

2

Rawat darurat

        20.000

 

 

II

Tindakan THT

 

1

Toilet hidung/pembersihan kotoran

        30.000

2

Tampon antiseptik/adrenalin

        30.000

III

Tindakan Medis dan Terapi

 

1

Debridemen luka

        25.000

2

Jahit luka 1-3 jahitan

        50.000

3

Jahit luka 4-10 jahitan

        70.000

4

Jahit luka > 10 jahitan

        100.000

5

Ekstaksi kuku

        70.000

6

Ekstraksi corpusalienum

        50.000

7

Perawatan luka gigitan binatang

           25.000

8

Perawatan luka bakar <10>

        30.000

9

Perawatan luka bakar > 10% tidak komplek

        50.000

10

ATS (Anti Tetanus Serum)

      130.000

11

Pengangkatan benda asing dengan sayatan ringan

        70.000

12

Pasang kateter (tidak termasuk kateter)

        25.000

13

Pasang infus pada dewasa

        15.000

14

Pemasangan infus pada anak termasuk fiksasi

        20.000

15

Pemakaian nebulizer

        50.000

16

Injeksi

          5.000

17

Skin test

          10.000

18

 Pemasangan spalk

        30.000

19

Pemasangan 02 (belum termasuk O2)

20.000

20

Penggunaan O2 per jam

            10.000

 21

Pemasangan Nasagosric Tube (NGT)

        70.000

22

Pelepasan NGT

        15.000

23

Tindakan pra rujukan

      125.000

24

Pemasangan kateter (dengan kateter)

        60.000

25

Penanganan kejang

        70.000

26

Penanganan syok anafilaksi

        75.000

 

 

IV

Penunjang Diagnostik

 

1

Spirometer

        30.000

2

EKG

        40.000


2.     Pasien Peserta BPJS

Pasien Peserta BPJS : Sesuai dengan Perpres No. 52 Tahun 2016  tentang Standar Tarif Pelayanan (Biaya Gratis).


Pelayanan Gawat Darurat

1.     Pengaduan, Saran dan Masukan  dapat dilakukan melalui Sistem Pengaduan Secara Elektronik dan Website Puskesmas Cawas II.

2.     Link Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) melalui barcode yang tersedia

3.     SMS Center Puskesmas /WA : 085741394378 (Selama Jam Kerja)

4.     Email : puskesmas_cawas2@ymail.com

5.     Secara tertulis melalui :

a.     Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Cawas II

b.     Kotak Saran


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Gawat Darurat"