Sesuai kasus (rata-rata 15-30 menit)
Prosedur tindakan :
1. Petugas memanggil pasien sesuai nomer urut di aplikasi pelayanan kesehatan
2. Petugas melakukan identifikasi pasien sesuai dengan identitas nama, usia/alamat dalam aplikasi pelayanan kesehatan.
3. Petugas meminta pasien konfirmasi ulang ke ruang pendaftaran jika identitas nama, usia/alamat pasien tidak sesuai.
4. Petugas melakukan anamnesa penyakit (keluhan utama)
5. Petugas melakukan pemeriksaan vital sign
6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik pasien
7. Petugas melakukan rujukan internal ke unit layanan lainnya untuk pemeriksaan penunjang atau konsultasi bila ada indikasi.
8. Petugas menegakkan diagnosa berdasarkan hasil anamnesa, pemeriksaan vital sign dan pemeriksaan fisik.
9. Petugas kesehatan/paramedis konfirmasi kepadabila melakukan pengulangan untuk mencegah pengulangan yang tidak perlu.
10. Petugas dapat memberikan rujukan ke pelayanan kesehatan yang lebih tinggi bila ada indikasi.
11. Petugas dapat mengkaji ulang anamnesa, vital sign dan pemeriksaan fisik pasien untuk mendiagnosa ulang penyakit pasien berdasarkan hasil pemeriksaan penunjang/hasil konsultasi sub unit lain/hasil tindakan yang telah diberikan, bila diperlukan.
12. Petugas memberikan terapi sesuai dengan diagnose yang ditegakkan sesuai standar.
13. Petugas memberikan resep dan nota pembayaran untuk dibawa ke kasir dan ke apotek jika diperlukan.
14. Petugas mendokumentasikan dalam aplikasi pelayanan kesehatan semua hasil anamnesa, pemeriksaan, diagnosa, Tindakan, edukasi dan terapi/rujukan yang telah dilakukan.
1. Pasien Umum
Peraturan daerah Kabupaten Klaten Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
NO. |
PELAYANAN |
TARIF (Rp) |
I |
Pengobatan Umum/Konsultasi |
|
1 |
Rawat jalan umum/Konsultasi |
10.000 |
2 |
Pemeriksaan calon pengantin (2) |
30.000 |
3 |
Rawat darurat |
20.000 |
|
|
|
II |
Tindakan Medis dan Terapi |
|
1 |
Debridemen luka |
25.000 |
2 |
Tindik daun telinga |
20.000 |
3 |
Lepas jahitan 1-5 |
5.000 |
4 |
Lepas jahitan 5-10 |
5.000 |
5 |
Lepas jahitan > 10 jahitan |
5.000 |
6 |
Pemasangan IUD (tidak termasuk IUD) |
100.000 |
7 |
Pelepasan IUD |
100.000 |
8 |
Pemasangan implant |
100.000 |
9 |
Pelepasan Implant |
100.000 |
10 |
Suntik KB |
30.000 |
11 |
Pemeriksaan genaekologi/genital |
25.000 |
12 |
Pengobatan erosi/mulut rahim |
25.000 |
13 |
Toucher vaginal |
15.000 |
14 |
Toucher Rectal |
15.000 |
15 |
Breastcare / perawatan payudara |
30.000 |
16 |
Persalinan normal oleh Bidan |
800.000 |
17 |
Persalinan normal oleh Dokter |
1.000.000 |
18 |
Persalinan dengan penyulit |
1.250.000 |
19 |
Pasang kateter (tidak termasuk kateter) |
25.000 |
20 |
Lavement |
25.000 |
21 |
Pengambilan sekret pap smear |
50.000 |
22 |
Pemasangan infus pada anak termasuk fiksasi |
20.000 |
23 |
Suction uap lendir |
15.000 |
24 |
Resusitasi bayi baru lahir |
50.000 |
25 |
Resusitasi bayi baru lahir dengan aspiksi |
100.000 |
26 |
Pemakaian nebulizer |
50.000 |
27 |
Injeksi |
5.000 |
28 |
Pemasangan 02 (belum termasuk O2) |
20.000 |
29 |
Penggunaan O2 per jam |
10.000 |
|
|
|
III |
Penunjang Diagnostik |
|
1 |
USG Kebidanan tanpa fil |
60.000 |
2 |
Spirometer |
30.000 |
3 |
EKG |
40.000 |
4 |
IVA test |
25.000 |
2. Pasien Peserta BPJS
Pasien Peserta BPJS : Sesuai dengan Perpres No. 52 Tahun 2016 tentang Standar Tarif (Biaya Gratis).
Pelayanan Ibu dan Anak
1. Pengaduan, Saran dan Masukan dapat dilakukan melalui Sistem Pengaduan Secara Elektronik dan Website Puskesmas Cawas II.
2. Link Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) melalui barcode yang tersedia
3. SMS Center Puskesmas /WA : 085741394378 (Selama Jam Kerja)
4. Email : puskesmas_cawas2@ymail.com
5. Secara tertulis melalui :
a. Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Cawas II
b. Kotak Saran
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.
Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App StorePerekam Medis